PEMANFAATAN ABU SEKAM PADI (ASP) PAYO DARI KERINCI SEBAGAI SUMBER SILIKA DAN APLIKASINYA DALAM EKSTRAKSI FASA PADAT ION TEMBAGA (II)

dkk, Ngatijo PEMANFAATAN ABU SEKAM PADI (ASP) PAYO DARI KERINCI SEBAGAI SUMBER SILIKA DAN APLIKASINYA DALAM EKSTRAKSI FASA PADAT ION TEMBAGA (II). Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Sains., 13 (2). pp. 47-52. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
PEMANFAATAN ABU SEKAM PADI (ASP) PAYO DARI KERINCI.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Secara umum proses pendulangan tembaga menimbulkan efek bagi lingkungan. Efek tersebut meliputi kekeruhan air ( turbidity ), pencemaran air oleh logam berat dan erosi sungai . Efek ini ditimbulkan oleh pendulangan tembaga secara tradisi onal maupun secara modern termasuk logam ikatan tembaga (II). Tujuan penelitian ini adalah untuk memanfaatkan sekam padi sebagai sumber silika. Kemudian diubah menjadi natrium sili kat, silika termodifikasi dan adsorpsi ion logam tembaga (II) dari pendulangan tembaga Kabupat en Sarolangun, Jambi. Penelitian ini dilakukan menggunakan metoda dari Kalapathy dkk (20 00) yang dimodifikasi. Sekam padi dibakar menjadi abu, setelah dingin di ayak 200 mes h. Abu sekam padi (ASP) didestruksi dengan NaOH selama 4 jam. Setelah dingin disaring dengan c orong Buchner dan kertas whatman 41 diperoleh Natrium Silikat. Kemudian dimodifikasi de ngan 3-propil trimetoksi silan menjadi Silika termodifikasi amin dan dilakukan karakterisasi deng an XRD dan IR. Hasil STA digunakan sebagai ekstraktan ion logam tembaga (II). Hasil p enelitian menunjukkan karakterisasi dengan XRD pada sudut 2 θ = 23 dengan 67, hasil dari spektrofotometri IR diperoleh asimetri hubungan Si – O dari pada bilangan 1087,85 cm -1 dan 766,96 cm -1 rentangan Si-O dari Si-OH dan ikatan N dari ligan dengan atom pusat Cu pada bilangan gelombang 324,04 cm -1 . Hasil analisis AAS kandungan ini logam tembaga adalah 29,96 mg/g. Berdasarkan p enelitian dapat disimpulkan bahwa sekam padi dapat dimanfaatkan sebagai sumber padi dapat d imanfaatkan sebagai sumber silika dalam sintesis STAK dan dapat digunakan sebagai adsorben ion logam tembaga.

Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: VANY DANIA
Date Deposited: 07 Mar 2017 06:04
Last Modified: 07 Mar 2017 06:04
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item View Item