PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS SMA NEGERI 1 SUNGAI PENUH

AFIFAH, SALSABILA PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS SMA NEGERI 1 SUNGAI PENUH. JURNAL PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS SMA NEGERI 1 SUNGAI PENUH.

[img] Text
Artikel Skripsi Salsabila.pdf

Download (208kB)

Abstract

ABSTRAK Afifah, Salsabila. 2018. Pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS SMA Negeri 1 Sungai Penuh. Pembimbing (1) Prof. Dr. Drs. Ekawarna, M. Psi (2) Amir Syarifuddin, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: Minat Belajar, Lingkungan Belajar, dan Hasil Belajar Hasil belajar siswa kelas X IPS mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sungai penuh masih tergolong rendah. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya minat belajar dan lingkungan belajar siswa. Dengan minat belajar yang tinggi dan lingkungan belajar yang kondusif, akan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah kelas X IPS SMA Negeri 1 Sungai Penuh. (2) pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah kelas X IPS SMA Negeri 1 Sungai Penuh. (3) pengaruh bersama minat belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah kelas X IPS SMA N 1 Sungai penuh. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Sungai Penuh tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 148 siswa. pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Data tentang minat belajar dan lingkungan belajar dikumpulkan melalui kuesioner, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui dokumentasi yaitu nilai ujian semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Sungai Penuh dengan nilai koefisien regresi variabel minat belajar terhadap variabel hasil belajar adalah sebesar 0,714 dengan nilai signifikan 0,000 (2) Terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Sungai Penuh dengan nilai koefisien regresi variabel lingkungan belajar terhadap variabel hasil belajar adalah sebesar 0,489 dengan nilai signifikan 0,000. (3) Terdapat pengaruh bersama minat belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Sungai Penuh dengan koefesien persamaan bidang regresi variabel minat belajar (X1) 0,671 dan variabel lingkungan belajar (X2) 0,420.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SALSABILA AFIFAH
Date Deposited: 12 Sep 2018 08:20
Last Modified: 12 Sep 2018 08:20
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/5212

Actions (login required)

View Item View Item