Deskripsi Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA di SMAN 9 Kota Jamb

Sitompul, Ratna Sari Deskripsi Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA di SMAN 9 Kota Jamb. JURNAL Deskripsi Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA di SMAN 9 Kota Jamb.

[img] Text
repository.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sitompul, Ratna Sari. 2018. Deskripsi Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA di SMAN 9 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Astalini, M.Si., (II) Alrizal, S.Pd., M.Si., Kata kunci: deskripsi, motivasi belajar, fisika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang terlihat bersemangat ketika belajar fisika dengan memperlihatkan sikap merespon pertanyaan yang guru berikan sebelum siswa lain menjawab. Selain itu, adanya siswa yang terlihat tidak bersemangat ketika belajar fisika dengan memperlihatkan sikap acuh tak acuh. Serta belum adanya penelitian yang mendeskripsikan motivasi belajar fisika siswa kelas X MIA di SMAN 9 Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendes- kripsikan motivasi belajar fisika siswa kelas X MIA di SMAN 9 Kota Jambi. Rancangan penelitian ini merupakan rancangan survei. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA di SMAN 9 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Variabel penelitian ini adalah motivasi belajar fisika yang merupakan variabel mandiri. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi belajar fisika siswa. Jenis data penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari sebaran angket. Teknik analisis data yang diguna- kan adalah analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar fisika siswa kelas X MIA di SMAN 9 Kota Jambi pada dimensi motivasi intrinsik meliputi indikator aktivitas belajar yang tinggi cenderung berada pada kategori sedang dengan persentase 47,06% dimana sikap siswa berada pada kategori kadang-kadang, indikator tekun dalam mengerjakan tugas cenderung berada pada kategori tinggi dengan persentase 59,80% dimana sikap siswa berada pada kategori sering, dan indikator ulet dalam menghadapi kesulitan cenderung berada pada kategori tinggi dengan persentase 50% dimana sikap siswa berada pada kategori sering. Pada dimensi motivasi ekstrinsik meliputi indikator adanya informasi dari guru cenderung berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 59,80% dimana sikap siswa berada pada kategori selalu, indikator adanya umpan balik cenderung berada pada kategori tinggi dengan persentase 61,76% dimana sikap siswa berada pada kategi sering, dan indikator adanya penguatan cenderung berada pada kategori tinggi dengan persentase 40,20% dimana sikap siswa berada pada kategori sering. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk dilakukan penelitian lanjut untuk me- ningkatkan motivasi belajar fisika siswa. Indikator motivasi belajar yang peneliti sarankan untuk ditingkatkan adalah aktivitas belajar yang tinggi. Aktivitas belajar yang tinggi dapat ditingkatkan dengan menggunakan media pembelajaran fisika seperti multimedia interaktif pembelajaran fisika. v

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RATNA SARI SITOMPUL
Date Deposited: 25 Sep 2018 02:03
Last Modified: 25 Sep 2018 02:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5484

Actions (login required)

View Item View Item