PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA BERBASIS SCIENTIFIC DENGAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA UNTUK SISWA SMP

SAPUTRI, RENNY PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA BERBASIS SCIENTIFIC DENGAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA UNTUK SISWA SMP. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA BERBASIS SCIENTIFIC DENGAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA UNTUK SISWA SMP.

[img] Text
REPOSITORY.pdf

Download (565kB)

Abstract

ABSTRAK Saputri, Renny. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Scientific dengan Lectora Inspire pada Materi Tekanan Zat dan Penerapannya untuk Siswa SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Jufrida, M.Si., (II)Nova Susanti, S.Pd., M Si. Kata-kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif IPA, Scientific, Lectora Inspire, Tekanan Zat dan Penerapannya Dunia pendidikan di Indonesia selalu memperbaiki mutu pendidikannya. Salah satu upaya untuk memperbaiki mutu pendidikan adalah dengan memperbaharui kurikulum. Pembaharuan kurikulum yang baru dilakukan yaitu kurikulum 2013 yang telah direvisi ulang pada tahun 2017. Pembelajaran kurikulum 2013 menerapkan pendekatan ilmiah (scientific approach). Media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.Oleh karena itu guru perlu menyiapkan media pembelajaran yang cocok digunakan agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif IPA berbasis scientific dengan lectora inspire pada materi tekanan zat dan penerapannya dan mengetahui persepsi siswa kelas VIII SMPN 11 Muaro Jambi terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 11 Muaro Jambi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket kebutuhan, angket validasi ahli dan angket persepsi siswa. Teknik analisis data kualitatif menggunakan metode deskriptif kualitatif yang terdiri dari tahap data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan statistik deskriptif untuk menunjukkan gambaran data yang diteliti tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Hasil penelitian yaitu berupa media pembelajaran interaktif IPA berbasis scientific dengan lectora inspire pada materi tekanan zat dan penerapannya untuk siswa SMP. Produk akhir media ini dalam bentuk audio visual dengan format .exe. Media ini memuat materi dengan tampilan teks, gambar, animasi, simulasi dan video. Media pembelajaran ini berbasis scientific sehingga di setiap penyampaian materinya menggunakan langkah-langkah pembelajaran scientific. Keunggulan media ini adalah cara mengoperasikan media ini cukup mudah dan sederhana. Media ini tergolong interaktif karena terdapat hubungan timbal balik antara pengguna dengan media serta dapat digunakan secara offline. Hasil analisis diperoleh bahwa rerata penilaian ahli materi dan ahli media terhadap produk media pembelajaran adalah 64,000 (sangat baik) dan 57,000 (sangat baik). Perolehan penilaian hasil persepsi siswa adalah sebesar 68,955 (sangat baik). dan menyatakan bahwa siswa memberikan respon sangat baik terhadap produk media pembelajaran yang dikembangkan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RENNY SAPUTRI
Date Deposited: 25 Sep 2018 03:43
Last Modified: 25 Sep 2018 03:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5493

Actions (login required)

View Item View Item