PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN GAME OUTBOUND BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DAN BIOLOGI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS JAMBI

HIDAYAT, M RIFKI and Hariyadi, Bambang and Anggereini, Evita PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN GAME OUTBOUND BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DAN BIOLOGI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS JAMBI. UNIVERSITAS JAMBI. (Unpublished)

[img] Text
2. Halaman Judul (1).pdf

Download (32kB)
[img] Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (276kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
9. bab 1.pdf

Download (190kB)
[img] Text
13. bab 5.pdf

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang akan menghasilkan produk. Pengembangan produk pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya pelaksanaan pendidikan karakter pada kegiatan outdoor di ruang lingkup Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi. Didukung dengan hasil penelitian Hariyadi yang telah melakukan pengamatan terhadap beberapa mahasiswa dalam kegiatan outdoor di Program Studi Pendidikan Biologi. Hariyadi menyimpulkan bahwa kegiatan outdoor dapat menanamkan pendidikan karakter bagi mahasiswa. Namun fakta di lapangan kegiatan outdoor belum dapat menanamkan pendidikan karakter secara maksimal. Hal ini dikarenakan belum adanya panduan kegiatan, khususnya panduan game outbound yang berbasis pendidikan karakter. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode penelitian R & D ( Reseasrch and Development). Jenis model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah angket. Angket terdiri dari angket validasi media, validasi materi, dan angket respon mahasiswa terhadap produk pengembangan. Produk yang telah dikembangkan berupa Buku Panduan Game Outbound Berbasis Pendidikan Karakter telah melewati tahap validasi oleh tim ahli. Validasi materi dilakukan sebanyak dua kali dengan validasi akhir diperoleh dengan persentase 88,75 % (sangat baik). Validasi media dilakukan sebanyak dua kali dengan validasi akhir diperoleh dengan persentase 95 % (sangat baik). Ujicoba produk dilakukan dengan mengetahui respon mahasiswa pada uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 8 orang mahasiswa dan uji coba kelompok besar yang terdiri dari 20 orang mahasiswa yang pernah menjadi panitia kegiatan outdoor. Hasil tanggapan mahasiswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 82,81 % (baik). Pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase 80,93 % (Baik). Secara keseluruhan disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan berupa Buku Panduan Game Outbound Berbasis Pendidikan Karakter layak digunakan sebagai panduan bagi penyelenggara kegiatan outbound dalam memilih dan menyelenggarakan game outbound yang berbasis pembangunan karakter.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: M RIFKI HIDAYAT
Date Deposited: 26 Sep 2018 04:32
Last Modified: 26 Sep 2018 04:32
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/5545

Actions (login required)

View Item View Item