PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LABORATORIUM VIRTUAL MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA PRAKTIKUM IDENTIFIKASI KARBOHIDRAT DI SMA N 1 MUARO JAMBI

Miharti, Sinda Febrilia and Muhaimin, Muhaimin and Yusnaidar, Yusnaidar PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LABORATORIUM VIRTUAL MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA PRAKTIKUM IDENTIFIKASI KARBOHIDRAT DI SMA N 1 MUARO JAMBI. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LABORATORIUM VIRTUAL MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA PRAKTIKUM IDENTIFIKASI KARBOHIDRAT DI SMA N 1 MUARO JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (234kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (271kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (25kB)

Abstract

Praktikum identifikasi karbohidrat merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dilakukan dalam pembelajaran kimia materi identifikasi karbohidrat. Pada kenyataannya, praktikum sering tidak dilakukan dikarenakan keterbatasan alat dan bahan serta resiko terjadinya kecelakaan di laboratorium. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengembangkan media pembelajaran laboratorium virtual identifikasi karbohidrat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media laboratorium virtual menggunakan macromedian flash 8 pada materi identifikasi karbohidrat kelas XII MIPA SMA N 1 Muaro Jambi dan mengetahui respon siswa terhadap laboratorium virtual identifikasi karbohidrat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti kerangka model pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini terdiri daritahap, analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Uji coba produk dilakukan kepada 10 orang siswa kelas XII MIPA di SMA N 1 Muaro Jambi. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah sebuah media pembelajaran laboratorium virtual identifikasi karbohidrat yang telah divalidasi materi, media, dan penilaian guru dengan masing-masing skor sebesar 62 (sangat baik); 168 (sangat baik); dan 67 (sangat baik) serta persentase skor respon siswa diperoleh sebesar 91,63% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini media pembelajaran laboratorium virtual identifikasi karbohidrat dapat digunakan sebagai media penunjang pembelajaran materi identifikasi karbohidrat.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SINDA FEBRILIA MIHARTI
Date Deposited: 19 Nov 2018 03:47
Last Modified: 19 Nov 2018 03:47
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/6032

Actions (login required)

View Item View Item