IDENTIFIKASI FAKTOR HAMBATAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL BERDASARKAN PENDAPAT SISWA DI SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI

RAMADHAN, ROMI ILHAM IDENTIFIKASI FAKTOR HAMBATAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL BERDASARKAN PENDAPAT SISWA DI SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI. UNIVERSITAS JAMBI. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH romi ilham.pdf

Download (270kB)

Abstract

ABSTRAK Judul :Identifikasi Faktor Hambatan Layanan Konseling Individual Berdasarkan Pendapat Siswa Di SMP Negeri 8 Kota Jambi Nama : Romi Ilham Ramadhan NIM : A1E114049 Pembimbing 1 : Prof. Dr. Hj Emosda, M.Pd Kons Pembimbing 2 : Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd Disekolah setiap siswa pada umumnya selalu menemui masalah pada dirinya,baik yang berasal dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal) siswa tersebut. Layanan konseling individu merupakan salah satu layanan yang kiranya perlu mendapat perhatian lebih karna layanan yang satu ini boleh dikatakan merupakan salah satu layanan yang sangat berperan penting dalam membantu siswa yang sedang bermasalah baik dengan dirinya,lingkungannya,dan temannya Kegagalan layanan konseling individu yang diberikan oleh guru pembimbing bisa disebabkan oleh faktor berikut seperti,keseriusan masalah yang dipaparkan,struktur,inisiatif,tatanan (setting) Fisik,kualitas klien,dan kualitas konselor. penilitian ini termasuk dalam penilitian deskriptif yaitu penilitian yang digunakan yaitu sebanyak 64 orang dengan teknik pengambilan data purposive sampling yaitu menetapkan sampel berdasarkan tujuan tertentu atau ditetapkan karena terdekat dan mengetahui informasi atau permasalahan yang akan diteliti. Instrumen pengumpulan data yang dipakai yaitu berupa angket dengan skala dikhotomis. Identifikasi faktor hambatan layanan konseling individu berdasarkan pendapat siswa di SMP N 8 kota jambi secara keseluruhan berada pada Proporsi “Sebagian” terbukti dari hasil rata-rata persentase 51% dengan persentase rata-rata yang menjawab “Ya” sebesar 47% dan persentase rata-rata yang menjawab “Tidak” sebesar 53% . Dari hasil penilitian yang telah dilakukan semoga dapat menjadi pertimbangan bagi guru BK dalam mengevaluasi penyelenggaraan layanan konseling individu agar lebih baik dan berkelanjutan. Kata Kunci: Layanan Konseling Individual, Pendapat Siswa

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ROMI ILHAM RAMADHAN
Date Deposited: 28 Nov 2018 07:45
Last Modified: 28 Nov 2018 07:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6094

Actions (login required)

View Item View Item