PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA ASPEK LEARNING DESIGN DENGAN PLATFORM MEDIA SOSIAL ONLINE SEBAGAI PENDUKUNG PERKULIAHAN MAHASISWA

Kuntarto, Eko and Asyhar, Rayandra PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA ASPEK LEARNING DESIGN DENGAN PLATFORM MEDIA SOSIAL ONLINE SEBAGAI PENDUKUNG PERKULIAHAN MAHASISWA. Repository Unja. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Artikel Jurnal-Blended Learning.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Artikel Jurnal-Blended Learning.pdf

Download (689kB) | Preview
Official URL: http://repository.unja.ac.id

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), pendekatan pembelajaran pun berubah. Pembelajaran masa lampau (konvensional), dengan guru sebagai pemeran utamanya dan kelas sebagai tempat pelaksanaannya kini telah berubah. Kini pendekatan pembelajaran telah berubah ke arah pembelajaran masa depan atau sebagai pembelajaran abad pengetahuan. Orang dapat belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Itulah ciri pembelajaran abad pengetahuan, yang menurunkan banyak model, antara lain model blended learning, yaitu hybrid course yang mengkombinasikan pembelajaran tatap muka (face to face learning) dan pembelajaran berbasis komputer (computer based learning). Penelitian ini fokus pada pengembangan konsep model blended learing, dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarananya. Tujuan penelitian adalah mengembangkan konsep model pembelajaran baru untuk mendukung perkuliahan mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method. Media sosial online dipilih sebagai platform dasar distribusi materi dan komunikasi online karena pertimbangan keterjangkauan, efektivitas, dan realibilitas program. Aspek Learning Design dipilih sebagai elemen dasar perancangan desain pembelajaran. Model pembelajaran dirancang menggunakan metode MILM (Multimedia Interactive Learning Model). Penelitian ini menggunakan pendekatan Mix Methods, dan jenis penelitiannya adalah R & D. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ID Model Blended Learing telah mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa secara signifikan. Dari hasil penelitian disampaikan saran agar para dosen memanfaatkan media FB sebagai pendukung pembelajaran.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: EKO KUNTARTO
Date Deposited: 06 May 2017 02:39
Last Modified: 06 May 2017 02:39
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item View Item