PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI

GUNAWAN, INDRA PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI.

[img] Text
1. coper.doc

Download (29kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.jpg

Download (210kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (20kB)
[img] Text
3. bab 1.docx

Download (40kB)
[img] Text
7. bab 5.docx

Download (33kB)

Abstract

ABSTRAK Gunawan, Indra. RRA1A114019. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. H. Rahmat Murboyono., M.Pd (II) Ahmad Nasori, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Cooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Berdasarkan wawancara dengan guru bidang studi Ekonomi di SMA Negeri 7 Kota Jambi, Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh kurangnya keaktifan dalam memperhatikan pelajaran, bertanya, mengemukakan pendapat dan kurangnya keberanian dan keterampilan dari siswa dalam mengungkapkan pengetahuannya. Dalam kegiatan belajar mengajar guru cenderung menggunakan menggunakan metode ceramah hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam belajar. Hal ini diketahui bahwa nilai ulangan siswa dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) untuk mata pelajaran Ekonomi adalah 70. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen, jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi exsperimental ) Adapun bentuk desain quasi experiment yang digunakan, yaitu nonequivalent control group atau satu macam perlakuan. Yang terdiri dari kelas X IPS 1 menggunakan model pembelajaran Cooperatif tipe jigsaw dan kelas X IPS 3 menggunakan Model Konvensional. Hasil penelitian menunjukan bahwa Berdasarkan hasil dari soal posttest yang dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan mean (rata-rata) 79,7 simpangan baku (S) adalah 101,4, sedangkan untuk data posttest kelas kontrol dengan mean (rata-rata) 65,6, simpangan baku (S) 9,11. Hasil ini diperkuat dengan hasil analisis uji-t diperoleh nilai thitung = 5,593 dan ttabel = 2,000. Karena thitung>ttabel atau (5,593 > 2,000) berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi kesimpulannya terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran kooperatif Tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi. Kesimpulan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka disarankan kepada guru terutama guru Mata Pelajaran Ekonomi Terpadu sebaiknya dalam melakukan pengajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw khususnya untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Depositing User: INDRA GUNAWAN
Date Deposited: 11 Dec 2018 01:10
Last Modified: 11 Dec 2018 01:10
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/6269

Actions (login required)

View Item View Item