PENGARUH PENERAPAN METODE PROYEK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PADA RASA TANGGUNG JAWAB ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) IV KOTA JAMBI

DOTUL MUFIDA, RIA PENGARUH PENERAPAN METODE PROYEK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PADA RASA TANGGUNG JAWAB ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) IV KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PENERAPAN METODE PROYEK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PADA RASA TANGGUNG JAWAB ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) IV KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (62kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.jpg

Download (53kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Mufida, Ria Dotul. 2018. Pengaruh Penerapan Metode Proyek terhadap Perkembangan Sosial Emosional pada Rasa Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. KA. Rahman, S.Ag., M.Pd.I., (II) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, Msi,. Kata Kunci: Metode Proyek, Rasa Tanggung Jawab. Rasa tanggung jawab anak usia dini merupakan indikator perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun yang tercantum didalam PERMENDIKBUD RI Nomor 137 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional PAUD. Hal itu dapat dicapai melalui beberapa metode pembelajaran, salah satunya melalui metode proyek. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan metode proyek terhadap rasa tanggung jawab anak usia 5-6 tahun kelas B5 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi pada 16 juli 2018 - 16 September 2018. Jenis Penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif One-Group Pretest-Postest Design. Populasi pada penelitian ini anak kelas B5 berjumlah 20 anak dan yang dijadikan sampel juga anak kelas B5 berjumlah 20 anak. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai Pretest dan Postest secara berurutan pada tes awal sebesar 0,185 (L_hitung) dan pada tes akhir sebesar 0,119〖 (L〗_hitung). didapat 〖(L〗_tabel) 0,190. Maka berdasarkan analisis data ini dapat disimpulkan data Pretest dan Postest berdistribusi normal, pada taraf signifikansi α = 0,05 maka diperoleh T_hitung= 4,457 >T_tabel= 1,729 sehingga H_o ditolak dan H_a diterima dan interpretasi nilai Cohen’s d maka pengaruhnya tergolong Strong Effect (Kuat). Kesimpulan bahwa “Metode Proyek Memiliki Pengaruh Signifikan Kuat Terhadap Rasa Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun kelas B5 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi”. Saran peneliti dengan adanya penelitian ini, guru dikelas B5 dapat lebih memvariasikan model pembelajaran salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran proyek.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RIA DOTUL MUFIDA
Date Deposited: 11 Dec 2018 01:10
Last Modified: 11 Dec 2018 01:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6277

Actions (login required)

View Item View Item