PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MATERI INVERTEBRATA DI SMAN 6 KOTA JAMBI

Suliandani, Diah PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MATERI INVERTEBRATA DI SMAN 6 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MATERI INVERTEBRATA DI SMAN 6 KOTA JAMBI.

[img] Text
cover.pdf

Download (164kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (167kB)
[img] Text
daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)

Abstract

ABSTRAK Suliandani, Diah. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Materi Invertebrata Di SMAN 6 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Retni S.Budiarti., S.Pd., M.Si. (II) Dr. Afreni Hamidah., S.Pt., M.Si Kata Kunci : model problem based learning, hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa karena dalam pelaksanaannya hasil belajar siswa masih rendah pada kelas X MIA SMA Negeri 6 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 kota jambi pada Mei 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan tes hasil belajar berupa posttest untuk penilaian ranah kognitif, angket untuk penilaian ranah afektif, dan lembar observasi untuk penilaian Berdasarkan analisis data terdapat pengaruh model pembelajaran PBL dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa. Dapat dilihat nilai rata-rata posttest untuk penilaian ranah kognitif kelas eksperimen 76,87 dan kelas kontrol 53,73 dan berdasarkan uji hipotesis untuk thitung = 11,38 dan nilai ttabel = 1,669, hal ini berarti thitung > ttabel berarti hipotesis diterima. Kemudian nilai rata-rata angket penilaian ranah afektif kelas eksperimen 89,59 dan kelas kontrol 72,32 dan berdasarkan uji hipotesis untuk thitung = 8,5 dan nilai ttabel = 1,669 hal ini berarti thitung > ttabel berarti hipotesis diterima. Nilai rata-rata lembar observasi penilaian ranah psikomotor untuk kelas eksperimen 79,46 dan kelas kontrol 63,20 dan berdasarkan uji hipotesis untuk thitung = 5,313 dan nilai ttabel = 1,669 hal ini berarti thitung > ttabel berarti hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIA SMAN 6 Kota Jambi pada aspek kognitif, model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIA SMAN 6 Kota Jambi pada aspek afektif, model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIA SMAN 6 Kota Jambi pada aspek psikomotor. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran PBL dalam kegiatan pembelajaran, khususnya kegiatan memecahkan masalah yang membuat siswa menjadi antusias dalam pembelajaran.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: DIAH SULIANDANI
Date Deposited: 18 Dec 2018 07:05
Last Modified: 18 Dec 2018 07:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6435

Actions (login required)

View Item View Item