RANCANG BANGUN MODEL GENERAL EDUCATION MELALUI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MKWU BAHASA INDONESIA DI PERGURUAN TINGGI

Kuntarto, Eko RANCANG BANGUN MODEL GENERAL EDUCATION MELALUI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MKWU BAHASA INDONESIA DI PERGURUAN TINGGI. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, sastra, dan Pengajarannya V. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Artikel Seminar Univ. Ganesha.pdf

Download (678kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini terjadi penyimpangan yang sangat memprihatikan pada perilaku mahasiswa. Hal itu berakibat pada kurang kompetitifnya lulusan perguruan tinggi (PT) di Indonesia dalam persaingan era global. Di samping itu kini muncul kritikan tentang kualitas lulusan PT, seperti ketidaksesuaian antara kebutuhan dan ketersediaan luaran, rendahnya kemampuan English proficiency, leadership, IT skills, serta menurunnya waiting time bagi para lulusan PT untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya. General Education (GE) dilaksanakan melalui penguatan capaian pembelajaran, dengan mengintegrasikan pendidikan karakter, bertujuan untuk memperkuat kompetensi mahasiswa dalam berkompetisi dengan membawa nilai- nilai luhur. GE menjadi sarana pengembangan kemampuan dan keterampilan mahasiswa pada aspek komunikasi (tulis dan orasi/diskusi), berpikir kritis dan analitis, kepercayaan diri, menyerap dan memakai nilai kultural universal. Tujuan GE tersebut sangat gayut dengan MKWU Bahasa Indonesia. Makalah ini berisi usulan rancang bangun penyusunan model pembelajaran General Education, dengan mengintegrasikan pendidikan karakter pada MKWU Bahasa Indonesia melalui Research and Development. Rancang bangun tersebut dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu: a. konsep, b. produk, dan c. ujicoba melalui penelitian tindakan dan quasi eksperimen. Melalui rancang bangun ini diharapkan hasil sebagai berikut: (1) bahan ajar sebagai model pendidikan karakter yang berbasis ideologi Lima-I, yang didesain berdasar teori ADDIE; (2) learning outcome pendidikan karater dasar, yaitu Iman dan Takwa, Humanity, Leadership, Communication, IT Skills, Analytical Thinking, Creative Thinking, Logical Thinking, Global Culture Awareness, Gramatical, dan Retorica.

Type: Article
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Depositing User: EKO KUNTARTO
Date Deposited: 17 May 2017 03:35
Last Modified: 17 May 2017 03:35
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item View Item