PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN KULIAH PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA KOTA JAMBI

BAROKAH, EKA PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN KULIAH PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN KULIAH PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA KOTA JAMBI.

[img] Text
1. COVER EKA.doc

Download (25kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (23kB)
[img] Text
daftar isi.docx

Download (24kB)
[img] Text
7. BAB 1.docx

Download (30kB)
[img] Text
11. BAB 5.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Barokah, Eka. 2018. Pengaruh Dukungan Sosial Dan Prestasi Belajar Terhadap Motivasi Melanjutkan Kuliah Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Swasta Kota Jambi. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Ekawarna, M,Psi (II) Drs. H. Arpizal, M.Pd Kata Kunci: Motivasi, Dukungan Sosial, Prestasi Belajar Motivasi siswa SMA melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi tentu cukup beragam. Mungkin saja ada yang memiliki motivasi yang tinggi, motivasi yang sedang, rendah atau bahkan sama sekali tidak ada motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kondisi tersebut tidak terlepas dari kompleksitas faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam melanjutkan pendidikan, baik bersumber dari dalam diri maupun pengaruh dari luar dirinya. Banyaknya siswa yang melanjutkan keperguruan tinggi dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti dukungan sosial dan prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk apakah terdapat pengaruh dukungan sosial dan prestasi belajar terhadap motivasi melanjutkan kuliah pada Siswa Sekolah Menengah Atas Swasta Kota Jambi. Motivasi adalah daya penggerak yang ada di dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan. dukungan sosial merupakan makna dari hadirnya orang lain yang dapat diandalkan untuk dimintai bantuan, dorongan, dan penerimaan apabila individu yang bersangkutan mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan lingkungan. Prestasi belajar adalah penilaian pendidikan tentang perkembangan dan kemajuan siswa berkenaan dengan penguasaan bahan pelajaran yang disajikan kepada siswa. Penelitian ini dilaksanakan di seluruh Sekolah Menengah Atas Swasta Kota Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 pada siswa kelas XII. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan Assosiatif (correlation). Populasi berjumlah 1686 siswa dari seluruh siswa kelas XII di Sekolah Menengah Atas Swasta Kota Jambi dan sampelnya menggunakan rumus Slovin sehingga ditentukan sampel 100 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dukungan sosial (X1) terhadap motivasi melanjutkan kuliah (Y) pada siswa Sekolah Menengah Atas Swasta Kota Jambi. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana diketahui nilai signifikan sebesar 0,000 konstanta yang terbentuk 23,929. Sedangkan koefisien persamaan regresi yang didapat sebesar 0,742. Terdapat pengaruh prestasi belajar (X2) terhadap motivasi melanjutkan kuliah (Y) pada siswa Sekolah Menengah Atas Swasta Kota Jambi. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana diketahui nilai signifikan sebesar 0,000 konstanta yang terbentuk 101.517 sedangkan koefisien persamaan regresi yang didapat sebesar 0,913. Terdapat pengaruh dukungan sosial (X1) dan prestasi belajar (X2) terhadap motivasi melanjutkan kuliah (Y) pada siswa Sekolah Menengah Atas Kota Jambi. Berdasarkan hasil analisis berganda diketahui nilai konstanta yang terbentuk 22,927 sedangkan koefisien persamaan bidang regresi variabel dukungan sosial (X1) 0,751 dan prestasi belajar (X2) 0,914. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan, bagi Sekolah hasil penelitian ini diharapkan menjadi acuan dan informasi dalam usaha meningkatkan motivasi siswa untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi. Sedangkan bagi siswa, hasil penelitian ini diharapkan menjadi informasi dalam usaha meningkatkan motivasi untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Depositing User: EKA BAROKAH
Date Deposited: 09 Jan 2019 01:56
Last Modified: 09 Jan 2019 01:56
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/6528

Actions (login required)

View Item View Item