Pengaruh Model Problem Based Learning dan Teams Games Tournament Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IIS di SMA Negeri 2 Kota Jambi

Siska Problema, Orega Pengaruh Model Problem Based Learning dan Teams Games Tournament Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IIS di SMA Negeri 2 Kota Jambi. JURNAL Pengaruh Model Problem Based Learning dan Teams Games Tournament Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IIS di SMA Negeri 2 Kota Jambi.

[img] Text
cover.docx

Download (260kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.jpg

Download (491kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI, tabel, gambr,.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Siska, Orega P, 2018 “Pengaruh Model Problem Based Learning dan Teams Games Tournament Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IIS di SMA Negeri 2 Kota Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Drs. H. Suratno, M.Pd. Pembimbing II Reka Seprina, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Problem Based Learning, dan Teams Games Tournament Kemandirian belajar sangatlah diperlukan karena dengan adanya kemandirian dalam diri para siswa dapat mengoptimalkan pembelajaran yang ada dalam hal ini dikhususkan untuk pembelajaran sejarah. Hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti pada kelas XII IIS SMA Negeri 2 Kota Jambi, menunjukkan bahwa kemandirian belajar sejarah siswa masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini ialah 1) untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemandirian belajar siswa, 2) untuk mengetahui pengaruh model teams games tournament terhadap kemandirian belajar siswa, 3) untuk mengetahui adakah perbedaan penggunaan model problem based learning dan model teams games tournament terhadap kemandirian belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yaitu data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalambentuk angka-angka dengan jenis penelitian yakni quasi eksperimen. Variabel bebas (independen variabel) yaitu model problem based learning (X1) dan model teams games Tournament (X2). Variabel terikat (dependen variabel) kemandirian belajar (Y). Pelaksanaan penelitian dan pengambilan data dilakukan di SMA Negeri 2 Kota jambi, dengan subyek penelitian 2 kelas yaitu eksperimen 1 dan eksperimen 2. Hasil penelitian ini adalah bahwa model problem based learning dan teams games tournament berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XII IPS SMA Negeri 2 Kota Jambi. Hal ini terlihat dari rata-rata skor kemandirian X1 yaitu 77,18 menjadi 93,58 dan rata-rata skor kemandirian X2 adalah 76,76 menjadi 90,75. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikasi kedua model tersebut (p) < 0,05 dan Thitung > Ttabel. Model problem based learning lebih berpengaruh dibandingkan model teams games tournament hal ini ditunjukkan dengan perhitungan hasil uji-t sebesar 3,810. Dengan taraf 0,05 diperoleh t tabel 1,987. Dengan demikian dapat dilihat bahwa t hitung > t tabel oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan model problem based learning dan teams games tournament berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XII IIS di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Kemandirian belajar siswa yang menggunakan model problem based learning lebih tinggi daripada kemandirian siswa yang menggunakan model teams games tournament.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: OREGA SISKA PROBLEMA
Date Deposited: 14 Jan 2019 07:17
Last Modified: 14 Jan 2019 07:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6591

Actions (login required)

View Item View Item