Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Media Audiovisual Berbasis Sparkol Videoscribe Pada mAta Pelajaran IPS Terpadu kelas VIIB di SMPN 22 Kota Jambi

Frisciliani, Sitompul Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Media Audiovisual Berbasis Sparkol Videoscribe Pada mAta Pelajaran IPS Terpadu kelas VIIB di SMPN 22 Kota Jambi. Frisciliani sitompul.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH mela.docx

Download (85kB)
[img] Text
1.COVER.doc

Download (115kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
8. Daftar isi.doc

Download (38kB)
[img] Text
IMG_20190118_102118.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sitompul, Frisciliani (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Media Audiovisual Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIIB di SMPN 22 Kota Jambi. Dosen Pembimbing I: Dr. Dra. Hj. Farida Kohar MP. Dosen Pembimbing II: Dra. Refnida, ME Kata kunci: pengembangan media, audiovisual, sparkol videocribe Proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMPN 22 Kota Jambi tergolong masih kovensional, terlebih pada mata pelajaran IPS Terpadu. Hal tersebut membuat minat dan konsentrasi belajar siswa terhadap mata pelajaran ini menjadi rendah. Pembelajaran ini dirasa membosankan sehingga banyak siswa yang tidak memperhatikan guru yang sedang mengajar. Siswa memilih tidur di kelas atau berbicara dengan teman sekelas daripada mendengarkan ceramah guru, hal tersebut membuat kegiatan belajar tidak berlangsung secara optimal. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti mengembangkan media pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe dengan tujuan meningkatkan minat dan konsentrasi belajar siswa terhadap mata pelajan IPS Terpadu. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMPN 22 Kota Jambi yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media pembelajaran ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe telah memenuhi syarat dan dianggap layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut dilihat dari hasil validasi oleh ahli media yang memperoleh 94,4% berdasarkan mutu teknis dan aspek media. Sedangkan dari hasil validasi ahli materi memperoleh 84,6% berdasarkan aspek media dan aspek kesesuaian materi. Persentase penilaian guru yaitu 90% dengan kategori sangat layak. hasil ujicoba kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata yaitu 84,375% maka media pembelajaran ini termasuk dalam kategori layak. hasil ujicoba kelompok besar diperoleh nilai rata-rata yaitu 89,167% maka media pembelajaran ini termasuk dalam kategori layak. Berdasarkan uraian hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe yang telah dikembangkan layak untuk dijadikan media pedukung pembelajaran dalam kelas dan mampu meningkatkan minat dan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Berdasarkan simpulan di atas maka disarankan bahwa media pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe dapat menjadi salah satu alternatif media yang dapat meningkatkan minat dan konsentrasi belajar siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FRISCILIANI SITOMPUL
Date Deposited: 24 Jan 2019 01:25
Last Modified: 24 Jan 2019 01:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6726

Actions (login required)

View Item View Item