PEMAKAIAN PRINSIP SOPAN SANTUN DALAM BERKOMUNIKASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS JAMBI

noryenti, noryenti PEMAKAIAN PRINSIP SOPAN SANTUN DALAM BERKOMUNIKASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS JAMBI. Repository Unja.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Noryenti.2017. Pemakaian Prinsip Sopan Santun dalam Berkomunikasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Prof. Dr. MujiyonoWiryotinoyo, M. Pd. (II) Dr. Herman Budiyono, M. Pd. Kata Kunci: PrinsipSopan Santun, Berkomunikasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemakaian prinsip sopan santun berbahasa dan pelanggaran terhadap prinsip sopan santun Leech dalam berkomunikasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP universitas Jambi. Penelitian ini dilaksanakan secaralangsung kepada mahasiswa dan dosen atau mahasiswa dengan mahasiswa secara alami. Jenis penelitian dan pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah berupa pemakaian serta pelanggaran prinsip sopan santun dalam berkomunika simahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi. Penelitian ini dilakukan di lingkungan FKIP Universitas Jambi Teknikpengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode atau penyimakan dan tekniksimak bebas libatcakap (SBLC), teknik rekam dan teknik catat. Dalam penelitian ini dilakukan analisis kualitatif terhadap tuturan mahasiswa dan dosen atau mahasiswa dan mahasiswa pada saat berkomunikasi di lingkungan kampus Universitas Jambi.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan tuturan mahasiswa berjumlah 37 tuturan dengan pematuhan prinsip sopan santun sebanyak 23 tuturan, sedangkan pelanggarannya sebanyak 14 tuturan. Adapun tuturan mahasiswa dan mahasiswa lebihbanyak yaitu berjumlah 17 tuturan sedangkan tuturan mahasiswa dan dosen berjumlah 6 tuturan dibandingkan dengan yang melanggar lebih sedikit yakni berjumlah 14 namun tidak ditemukan pelanggaran prinsip sopan santun Leech tuturan mahasiswa dandosen selama proses penelitian. Pelanggaran prinsip sopan santun Leech lebih banyak di tuturkan oleh mahasiswa dan mahasiswa. Disarankan kepada pemakai bahasa dengan hasil penelitian ini, agar lebih mengetahui prinsip sopan santun dalam berbahasa sehingga tidak terdapa tpelanggaran dalam penggunaan prinsip sopan santun dalam berkomunikasi. Kepada peneliti bahasa juga dapa tmengadakan penyuluhan dan penelitian lebih lanjut mengenai kesopan santunan berbahasa agar tata cara berbahasa dilingkungan kampus lebih baik lagi sehingga mahasiswa tahu mengenai sopan santun dalam berinteraksi sosial.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NORYENTI
Date Deposited: 08 Jun 2017 07:36
Last Modified: 08 Jun 2017 07:36
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/677

Actions (login required)

View Item View Item