Pengaruh Motivasi Belajar dan Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi

SARI, DEVITA Pengaruh Motivasi Belajar dan Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi. JURNAL Pengaruh Motivasi Belajar dan Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (170kB)
[img] Text
halaman pengeSahan.pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)

Abstract

ABSTRAK Devitasari.2018. Pengaruh Motivasi Belajar dan Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi. Pembimbing (1) Dr. Suratno, M.Pd. (2) Fachruddiansyah Muslim, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci :Motivasi Belajar, Sikap Belajar, Hasil Belajar Ekonomi Hasil belajar adalah sebagai hasil maksimum yang telah dicapai oleh siswa setelah mengalami proses belajar mengajar dalam mempelajari materi pelajaran tertentu. Terdapat faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor yang berasal dari dalam siswa, faktor yang berasal dari luar siswa dan faktor pendekatan belajar. Tujuan dalam penelitian adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi. 2) Untuk mengetahui pengaruh sikap belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi. 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan sikap belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan jumlah populasi penelitian 62 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan adalah angket yang terdiri dari 30 item pertanyaan untuk motivasi belajar dan 30 item pertanyaan untuk sikap belajar. Untuk hasil belajar dilihat dari nilai ujian ekonomi semester genap kelas X IPS tahun ajaran 2017/2018. Kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi berganda secara manual menggunakan Microsoft Excel dan SPSS release 23.0. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa koefisien determinasi (R^2) sebesar 0,034 atau 3,4%. Ini artinya bahwa variabel motivasi belajar dan sikap belajar tidak dapat mempengaruhi hasil belajar ekonomi sebesar 3,4% sedangkan sisanya 96,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini menunjukkan tidak ada pengaruh antara motivasi belajar dan sikap belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar ekonomi. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan sikap belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi yang ditunjukkan dengan nilai F_hitung 1,030 >F_tabel 2,37 dan nilai signifikansinya 0,363 < 0,05.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Depositing User: DEVITASARI
Date Deposited: 22 Jan 2019 03:50
Last Modified: 22 Jan 2019 03:50
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/6800

Actions (login required)

View Item View Item