IDENTIFIKASI KINERJA GURU PEMBIMBING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMPN1 KOTA JAMBI

NELDI, MUHAMMAD (2018) IDENTIFIKASI KINERJA GURU PEMBIMBING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMPN1 KOTA JAMBI. KINERJA GURU PEMBIMBING. (Unpublished)

[img] Text
COVER.pdf

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Identifikasi Kinerja Guru Pembimbing Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMPN 1 Kota Jambi Peneliti : MUHAMMAD NELDI NIM : RRA1E113016 Dosen Pembimbing : Fadzlul, S.Psi, M.Psi., Psi Guru pembimbing pada dasarnya merupakan pendidik yang mampu mengembangkan perubahan tingkah laku anak didiknya sesuai dengan bakat dan minat mereka, sehingga dapat dikatakan guru pembimbing tidak obahnya seperti dokter yang mampu mengobati penyakit pasiennya berdasarkan ilmu yang diperolehnya dengan memberikan bimbingan dan bantuan kepada setiap siswa yang menjadi anak asuhnya disekolah. Guru pembimbing di SMPN 1 Kota Jambi merupakan figur sumber daya manusia yang menempati posisi dan memegang peranan sangat penting dalam membimbing serta membantu siswa agar dapat memanfaatkan bidang pengembangan kegiatan belajar yang telah dilaksanakan dalam rangka meningkatkan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkatan guru mengembangkan atau memperluas pandangan siswa, tingkatan guru mengembangkan wawasan siswa, tingkaant guru mengembangkan sikap yang lebih positif, dan tingkatan guru mengatasi masalah-masalah yang di temui siswa dalam belajar Di SMP Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini mengarah pada siswa kelas VIII dan guru pembimbing yang berada di SMP Negeri 1 Kota Jambi. Yang mana melihat bantuan yang diberikan guru pembimbing dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang memiliki prestasi belajar rendah disekolah, prestasi belajar yang dimaksud ini nilai yang diperoleh siswa terhadap sejumlah mata pelajaran yang telah tertera pada leger nilai siswa pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Guru pembimbing sangat dibutuhkan agar siswa-siswa yang mempunyai masalah dapat terbantu, sehingga mereka dapat belajar lebih baik. Dalam kurikulum SMP tahun 1975 Buku III C dinyatakan bahwa tujuan bimbingan disekolah adalah membantu siswa, maka sebagai guru pembimbing dapat memberikan layanan dalam: (1) bimbingan belajar, (2) bimbingan sosial, (3) bimbingan dalam mengatasi masalah-masalah pribadi. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah “deskriptif” yang mana penelitian ini berusaha menggambarkan keadaan subjek saat itu, atau menggambarkan lapangan sebagaimana adanya, Pengambilan sampel secara Purposive Sampling, dengan mengambil sampel yang memiliki nilai <65 setiap kelas. Sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 60 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang berjumlah 33 item pernyataan yang disebarkan kepada 60 siswa responden dengan skala 2 option jawaban. Dalam penelitian ini, peneliti akan mengemukakan hasil pengukuran data penelitian berupa data kuantitatif yang akan dihitung dengan teknik deskriptif persentase. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa guru mengembangkan atau memperluas pandangan siswa termasuk dalam kategori baik dengan besaran sebesar 65.55% yang mana nilai tersebut berada dalam rentang interval antara 61-80%, guru mengembangkan wawasan siswa termasuk dalam kategori baik dengan besaran sebesar 67.14% yang mana nilai tersebut berada dalam rentang interval antara 61-80%, guru mengembangkan sikap yang lebih positif terhadap siswa termasuk dalam kategori baik dengan besaran sebesar 63.33% yang mana nilai tersebut berada dalam rentang interval antara 61-80%, guru mengatasi masalah-masalah yang di temui siswa termasuk dalam kategori baik dengan besaran sebesar 70.56% yang mana nilai tersebut berada dalam rentang interval antara 61-80%. Saran dalam penelitian ini yaitu kinerja guru pembimbing dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Kota Jambi termasuk dalam kategori baik dengan besaran porsentase yaitu 66,72%.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MUHAMMAD NELDI
Date Deposited: 30 Jan 2019 01:48
Last Modified: 30 Jan 2019 01:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7008

Actions (login required)

View Item View Item