ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI ASAM DAN BASA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

romah, samsia ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI ASAM DAN BASA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI ASAM DAN BASA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL SAMSIAROMAH (RRA1C112015).docx
Restricted to Repository staff only

Download (785kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam dan basa di kelas XI IPA SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mix Method yang merupakan desain pembelajaran yang berfokus pada pengumpulan dan analisis data serta memadukan antara data kuantitatif dan data kualitatif.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple purposive sampling karena didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan tertentu didalam pengambilan sampelnya dan penentuan sampel dengan tujuan tertentu diperolehdi kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrument penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model Think Pair Share (TPS) oleh guru maupun siswa serta lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa. Keterlaksanaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) oleh guru dikategorikan baik dengan rata-rata persentase 76,52% dan siswa 77,30%, serta kemampuan berpikir kritis siswa sebesar75%dengan kategori baik. Hasil uji regresi linear menggunakan product moment diperoleh r=0,631 dengan tingkat hubungan pada kategori kuat, nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan.Selanjutnya dilakukan uji t dengan diperoleh thitung>ttabel (4,459 > 2,042) dan nilai signifikansi (Sig.) 0,00 < 0,05. Dengan demikiandapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterlaksanaan modelpembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam dan basa di kelas XI SMAIslam Al-Falah Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: SAMSIAROMAH
Date Deposited: 12 Jun 2017 05:59
Last Modified: 12 Jun 2017 05:59
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/707

Actions (login required)

View Item View Item