PENERAPAN MODEL MIND MAPPING PADA MOMENTUM DAN IMPULS DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIA 3 SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI.

NOVITA, RIRIS PENERAPAN MODEL MIND MAPPING PADA MOMENTUM DAN IMPULS DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIA 3 SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI. JURNAL PENERAPAN MODEL MIND MAPPING PADA MOMENTUM DAN IMPULS DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIA 3 SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI..

[img] Text
COVER SKRIPSI.doc

Download (342kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.jpg

Download (108kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK Novita, Riris. 2018. “Penerapan Model Mind Mapping Pada Materi Momentum Dan Impuls Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 7 Kota Jambi”.: Skripsi, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Menza Hendri, M.Pd., (II) Dr. Rendy Wikrama Wardana, M.Pd., Kata kunci: model mind mapping, aktivitas siswa, hasil belajar, momentum dan impuls. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 7 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus yang melalui tahap Plan (perencanaan), Action (pelaksanaan), Observation (observasi), dan Reflection (refleksi). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 3 sebanyak 33 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 18 siswi perempuan. Instrument penelitian berupa soal formatif, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan observasi aktivitas siswa. Pada siklus I persentase rata-rata aktivitas dan hasil belajar masih rendah yaitu 60,7% dan 56,8. Kendala guru pada siklus I adalah kurangnya minat siswa untuk mengikuti pembelajaran dan guru kurang optimal dalam penyampaian kegiatan pembuatan mind mapping yang akan dilakukan. Solusinya guru harus mengkondisikan kelas terlebih dahulu agar lebih maksimal dalm penyampaian pembuatan mind mapping yang akan dilakukan. Pada siklus II diperoleh aktivitas dan hasil belajar siswa telah mencapai kriteria sedang yaitu 63,3% dan 70,6. Kendala guru pada siklus II adalah guru kurang tegas dalam menegur siswa yang kurang terlibat aktif dalam kegiatan kelompoknya. Solusinya guru harus lebih memantau kegiatan siswa setiap diskusi kelompok dan menegur siswa yang tidak fokus atau kurang aktif pada kegiatan diskusi kelompok. Pada siklus III terlihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yang telah mencapai 83,3 % dan 83,1 % berada dalam kriteria tinggi. Berdasarkan hal ini disimpulkan bahwa model mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi momentum dan impuls di kelas X MIA 3 SMA Negeri 7 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RIRIS NOVITA
Date Deposited: 04 Feb 2019 07:03
Last Modified: 04 Feb 2019 07:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7102

Actions (login required)

View Item View Item