Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Dominansi Otak Kanan dan Otak Kiri Dikelas VIII SMP Negeri 1 Betara Tanjung Jabung Barat

Lothar M.T, Imanuel (2019) Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Dominansi Otak Kanan dan Otak Kiri Dikelas VIII SMP Negeri 1 Betara Tanjung Jabung Barat. S1 thesis, UNJA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
4. HALAMAN PENGESAHAN DEKAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI..pdf

Download (64kB)
[img] Text
001 G_N_D_BAB-I.pdf

Download (129kB)
[img] Text
005 G_N_D_ BAB V.pdf

Download (55kB)

Abstract

ABSTRAK Lothar M.T, Imanuel. 2018. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Dominansi Otak Kanan dan Otak Kiri Dikelas VIII SMP Negeri 1 Betara Tanjung Jabung Barat: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Kamid, M.Si (2) Yelli Ramalisa, S.Pd, M. Sc. Kata Kunci: Siswa Dominasi Otak Kanan dan Otak Kiri, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang berdominansi otak kanan dan berdominansi otak kiri di kelas VIII SMP N 1 Betara Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Betara Tanjung Jabung Barat. Data diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa dan soal pemecahan masalah matematika sebagai data utama serta wawancara dengan siswa sebagai data penunjang. Subjek penelitian ini adalah 2 orang siswa berdominasi otak kanan dan 2 orang siswa berdominasi otak kiri. Instrument penelitian ini terdiri dari lembar tes soal matematika materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejumlah 3 siswa belum memenuhi seluruh indikator kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal matematika materi sistem persamaan linear dua variabel. Adapun indikator yang belum terpenuhi yaitu pada langkah (4) Mereview hasil pemecahan masalah. Dalam penelitian ini terdapat seorang siswa berdominansi otak kanan yang menyelesaikan soal dengan kreatifitas cara sendiri yang di temukannya namun belum mampu memenuhi indikator ke (4) mereview mhasil pemecahan masalah, kemudian seeorang siswa berdominansi otak kiri dapat menyelesaikan keseluruhan indikator pemecahan masalah matematika dengan kemampuan analitisnya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: IMANUEL LOTHAR M T
Date Deposited: 05 Mar 2019 02:06
Last Modified: 05 Mar 2019 02:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7186

Actions (login required)

View Item View Item