HUBUNGAN PENALARAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI

HADIJAH, SITI HUBUNGAN PENALARAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI. JURNAL HUBUNGAN PENALARAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (103kB)
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (136kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Hadijah, Siti. 2019. Hubungan Penalaran Dengan Kemampuan Menulis Berita Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 5 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr.Drs. Herman Budiyono, M.Pd., (II) Drs. R Imam Suwardi Wibowo, M.Pd. Kata kunci : Penalaran, Menulis Berita Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mendeskripsikan hubungan antara penalaran dengan kemampuan menulis berita pada siswa Kelas VIII B SMP Negeri 5 Kota Jambi. Dengan dua variabel, variabel X penalaran dan variabel Y kemampuan menulis berita. Penelitian ini merupakan penelitian Survei jenis korelasional. yaitu melihat hubungan dua variabel, (1) tes penalaran (X) dan (2) tes kemampuan menulis berita (Y) Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Kota Jambi yang berjumlah 37 siswa. Objek penelitian ini adalah hubungan penalaran dengan kemampuan menulis berita Teknik pengumpulan data menggunakan tes penalaran dan tes menulis berita uji instrumen dilakukan dengan telaah ahli dan Spearman Brown. tes yang digunakan berjumlah 20 butir soal untuk tes penalaran. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linearitas dan hipotesis. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment dan korelasi ganda dengan bantuan program IBM SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penalaran dengan kemampuan menulis berita pada siswa Kelas VIII B SMP Negeri 5 Kota Jambi dengan nilai rhitung lebih besar daripada rtabel (0,729 > 0,325) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih memahami tentang materi penalaran. Di samping itu, guru sebagai pemegang peran dalam kegiatan pembelajaran. Siswa harus dilatih dalam kegiatan menulis baik itu menulis berita. Implikasi dalam penelitian ini sebagai masukan dalam pembelajaran bahwa kemampuan penalaran memiliki hubungan yang erat dengan kemampuan siswa dalam menulis berita. Sehingga guru harus menguasai kemampuan dasar untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam peoses penalaran siswa. sehingga pembaca mudah memahami dan didapatkan hasil yang memperkuat teori dengan menunjukkan hubungan yang signifikan antara penalaran dengan kemampuan menulis berita.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Siti Hadijah
Date Deposited: 11 Mar 2019 08:33
Last Modified: 11 Mar 2019 08:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7211

Actions (login required)

View Item View Item