MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Anggraini, Widya (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
COVER.docx

Download (26kB)
[img]
Preview
Image
21022987-537e-403c-9c0f-068dfe9cf84f.jpg

Download (69kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)

Abstract

Anggraini, Widya. 2019. Meningkatkan Kemampuan Menulis Laporan Pengamatan Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs Maryono M.Pd (2) Hariandi,S.Pd.I.,M.Ag. Kata kunci: Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL), Kemampuan Menulis Laporan Pengamatan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis laporan pengamatan peserta didik sebelum menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL), kemampuan menulis laporan pengamatan setelah menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL), respon peserta didik dalam menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 40/I Bajubang Laut pada Januari 2019. Data yang diperoleh dari observasi dan tes untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis laporan pengamatan. Setelah obesrvasi dan tes dilakukan, kemudian data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis laporan pengamatan peserta didik masih sangat rendah, sebelum menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terdapat 3 peserta didik yang tuntas dengan kriteria ketuntasan 76 dengan nilai rata-rata 43.90 dan setelah menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) yaitu pada siklus I pertemuan I terdapat 5 peserta didik yang tuntas dengan kriteria ketuntasan 76 dengan nilai rata-rata 51.72 dan untuk pertemuan II terdapat 5 peserta didik dengan nilai rata-rata 61.18. Selanjutnya pada siklus II pertemuan I terdapat 5 peserta didik dengan nilai rata-rata yang didapatkan 62.54 dan pada pertemuan II terdapat 9 peserta didik dengan nilai rata-rata 67. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan secara klasikal 75% dari jumlah peserta didik. Respon peserta didik dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dari hasil penelitian disarankan agar guru memperbanyak cara pengajaran dengan berbagai pendekatan, sehingga pembelajaran tidak membosankan dan dapat membelajarkan peserta didik dengan kehidupan nyata.

Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WIDYA ANGGRAINI
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:45
Last Modified: 15 Apr 2019 01:45
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/7729

Actions (login required)

View Item View Item