Strategi Guru Kelas dalam Pembentukan Sikap Sopan Santun Siswa Kelas VB SDN 55/1 Sridadi

Sidiq, Rahmad Strategi Guru Kelas dalam Pembentukan Sikap Sopan Santun Siswa Kelas VB SDN 55/1 Sridadi. STRATEGI GURU KELAS DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA KELAS VB SDN 55/I SRIDADI.

This is the latest version of this item.

[img] Text
(1) HALAMAN SAMPULh.pdf

Download (34kB)
[img] Text
(4) HALAMAN PENGESAHAN BARU.docx

Download (31kB)
[img] Text
(9)DAFTAR ISI print.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
bab v printg.pdf

Download (92kB)

Abstract

ABSTRAK Sidiq, Rahmad. 2019. Strategi Guru Kelas dalam Pembentukan Sikap Sopan Santun Siswa Kelas VB SDN 55/1 Sridadi:Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Hj. Destrinelli, M.Pd., (II) Dwi Kurnia Hayati, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan kurikulum 2013, bahwa guru sebagai tenaga pendidik dituntut harus memiliki empat pokok kompetensi yaitu,pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Salah satunya yaitu Strategi dalam mendidik sikap atau karakter sopan santun siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi guru dalam pembentukan sikap sopan santun siswa pada siswa kelas VB SD Negeri 55/1 Sridadi selama kegiatan pembelajaran dan diluar kegiatan pembelajaran. Aspek yang diamati dalam memberikan pendidikan dan pengajaran yaitu cara membentuksikap dan prinsip atau cara yang digunakan dalam memberikandidikan dan ajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif.Subjek dan informan dalam penelitian ini adalah guru kelas dan beberapa siswa kelas VB SD Negeri 55/1 Sridadi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarian kesimpulan.Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi teknik dan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru telah menerapkan strategi dalam membentuk sikap sopan dan santun dalam kegiatan pembelajaran ataupun diluar kegiatan pembelajaran yaitu memberikan nasihat dan motivasi, memberikan hukuman (punishment), memberi teguran, memberikan arahan, mempersiapkan siswanya sebelum belajar, menjadi contoh atau teladan, membuat kesepakatan bersama, menggunakan sistem point, dan mendekati siswa yang bermasalah. Selain itu guru memahami karakteristik siswa, strategi yang diberikan tepat sasaran. Dari hasil penelitian ini disarankan guru hendaknya memiliki pengetahuan yang banyak mendalam mengenai strategi dalam mendidik dan mengajarkan bersikap, guru hendaknya menghindari penggunaan kalimat yang negatif ketika mengarahkan siswa seperti, sindiran, maupun ungkapan ancaman, agar tidak mematahkan semangat siswa dalam belajar, dan saat menjelaskan materi pelajaran hendaknya menguasai kelas. Kata kunci :Strategi, Sikap, Sopan Santun.

Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Geography
Depositing User: RAHMAD SIDIQ
Date Deposited: 22 Apr 2019 01:32
Last Modified: 22 Apr 2019 01:32
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/7737

Available Versions of this Item

  • Strategi Guru Kelas dalam Pembentukan Sikap Sopan Santun Siswa Kelas VB SDN 55/1 Sridadi. (deposited 22 Apr 2019 01:32) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item