MENINGKATKAN KEMAMPUAN IMAJINASI SISWA PADA KOMPETENSI GERAK KESEHARIAN DAN ALAM DALAM MUATAN SENI TARI MELALUI PENDEKATAN TARI KREATIF DI KELAS II SDN 64/I MUARA BULIAN

puswita, arinta (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN IMAJINASI SISWA PADA KOMPETENSI GERAK KESEHARIAN DAN ALAM DALAM MUATAN SENI TARI MELALUI PENDEKATAN TARI KREATIF DI KELAS II SDN 64/I MUARA BULIAN. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
MENINGKATKAN KEMAMPUAN IMAJINASI SISWA PADA KOMPETENSI GERAK KESEHARIAN DAN ALAM DALAM.pdf

Download (100kB)
[img] Text
IMG-20190416-WA0017-dikonversi.pdf

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
ARIN_BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
ARIN_BAB V.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Puswita, Arinta. 2019. Meningkatkan Kemampuan Imajinasi Pada Kompetensi Gerak Keseharian dan Alam dalam Muatan Seni Tari Melalui Pendekatan Tari Kreatif di Kelas II SDN 64/I Muara Bulian: Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Drs. Destrinelli, M.Pd, (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan imajinasi, Gerak Keseharian dan Alam, Tari kreatif Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa kemampuan imajinasi siswa di kelas II SDN 64/I Muara Bulian masih kurang dan masih perlu untuk dittingkatkan. Berdasarkan hasil observasi awal terlihat bahwasanya kemampuan imajinasi siswa masih rendah, hal ini terlihat pada indikator diantaranya siswa belum mampu menciptakan ide kreatifnya sendiri, tidak mampu menunjukkan ekspresi gerak, dan belum bebas berfikir kreatif karena terpaku dengan gerak yang dicontohkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan tari kreatif untuk meningkatkan kemampuan imajinasi siswa pada kompetensi gerak keseharian dan alam dalam muatan seni tari di kelas II. Penelitian ini dilakukan di SDN 64/I Muara Bulian pada Februari 2019 dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, terdiri dari siklus I dan siklus II dengan melakukan 4 prosedur yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi terhadap kemampuan imajinasi siswa selama proses pembelajaran (sebagai data utama) dan dokumentasi proses pembelajaran (sebagai data penunjang). Data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase, kemudian di deskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menerapkan pendekatan tari kreatif dapat meningkatkan kemampuan imajinasi siswa pada kompetensi gerak keseharian dan alam dalam muatan seni tari di kelas II. Terlihat dari hasil observasi terhadap indikator kemampuan imajinasi yaitu eksplorasi, kebaruan, dan sensibilitas. Berdasarkan lembar observasi kemampuan imajinasi siswa menunjukkan adanya peningkatan, dengan hasil lembar observasi terlihat bahwa setelah diberikan tindakan menggunakan pendekatan tari kreatif diperoleh persentase pada siklus I sebesar 63% predikat cukup (C), dan di siklus ke-II sebesar 84,17% predikat baik (B). Adapun secara klasikal diperoleh hasil pada siklus I sebanyak 46% dengan predikat Kurang (K) dan siklus II meningkat sebanyak 83,33% predikat Baik (B). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan imajinasi siswa pada kompetensi gerak keseharian dan alam dalam muatan seni tari di kelas II SDN 64/I Muara Bulian dapat meningkat setelah diterapkan pendekatan tari kreatif. Oleh sebab itu, diharapkan kepada guru melakukan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan tari kreatif agar imajinasi kreatif siswa dapat terolah dan melatih siswa menjadi pemikir yang kreatif.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ARINTA PUSWITA
Date Deposited: 18 Apr 2019 02:46
Last Modified: 18 Apr 2019 02:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7869

Actions (login required)

View Item View Item