PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN MANAJEMEN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 7 KOTA JAMBI

PARDEDE, SUWIH PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN MANAJEMEN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 7 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN MANAJEMEN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 7 KOTA JAMBI.

[img] Text
1. COVER.docx

Download (46kB)
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (148kB) | Preview
[img] Text
6. DAFTAR ISI.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB 5.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Pardede, Suwih. 2018. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Komunikasi Interpersonal Guru Dan Manajemen Diri Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Pembimbing (I) Dra. Hj. May Maemunah, ME (II) Ahmad Nasori, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal Guru, Manajemen Diri Dan Hasil Belajar Hasil belajar merupakan suatu proses pembelajaran yang menjadi masalah dikalangan siswa, dimana guru hendaknya memiliki komunikasi interpersonal yang dapat membantu siswa dalam memahami kelebihan dan kekurangan yang dimiliki sehingga menemukan jalan keluar dalam mengatasi kekurangannya, dan manajemen diri yang dimana siswa dapat menolong diri sendiri tanpa bantuan orang lain dalam meningkatkan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonalguru terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Kota Jambi, 2) Untuk mengetahui pengaruh manajemen diri terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Kota Jambi, 3) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal guru dan manajemen diri terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif bersifat asosiatif korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 68 orang. Instrument dalam penelitian ini berupa angket yang berisikan 24 item untuk komunikasi interpersonal guru, dan 28 item untuk manajemen diri. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2018. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada siswa XI IPS di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis dengan menggunakan Program SPSS release 23.0. Hasil penelitian menunjukkaan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal guru terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Kota Jambi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, ada pengaruh yang signifikan antara manajemen diri terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Kota Jambi dengan nilai signifikansi 0,016 < 0,05, ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal guru dan manajemen diri terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Kota Jambi dengan nilai f hitung 39,744 > f tabel 3,13 pada signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan harapan kedepan adalah penelitian ini berguna sebagai bahan informasi. Dan penelitian ini diharapkan bisa menjadi berguna untuk peneliti selanjutnya.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Depositing User: SUWIH PARDEDE
Date Deposited: 24 Apr 2019 01:02
Last Modified: 24 Apr 2019 01:02
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/7892

Actions (login required)

View Item View Item