HASANAH, NUR and Bakar, Abu and Afrida, Afrida (2019) Analisis Keterlaksanaan Model Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit serta Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Analisis.
Text
BAB 1.pdf Download (306kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (180kB) |
|
Text
COVER-DAFTAR2.pdf Download (613kB) |
|
Text
DAFTAR ISI-LAMPIRAN.pdf Download (221kB) |
|
Text
pengesahan.pdf Download (338kB) |
Abstract
Hasanah, Nur. 2019. Analisis Keterlaksanaan Model Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit serta Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing I: Drs. Abu Bakar, M.Pd, Pembimbing II: Afrida, S.Si., M.Si Kata kunci: Analisis, Model Discovery Learning (DL), Hasil Belajar, Elektolit dan Non Elektrolit Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar yang mencakup bidang kognitif, afektif dan psikomotor. Hasil belajar yang masih rendah dapat diatasi dengan pembelajaran yang mengembangkan cara belajar siswa aktif dengan menemukan sendiri. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar tersebut adalah Discovery Learning (DL) berbantuan laboratorium virtual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model Discovery Learning (DL) berbantuan laboratorium virtual dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada materi elektolit dan non elektrolit. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory (model urutan penemuan. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIA MAN 5 Batanghari sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model DL berbantuan laboratorium virtual baik dari guru maupun siswa, dan soal tes essay. Hubungan keterlaksanaan model DL berbantuan laboratorium virtual dengan hasil belajar siswa dicari dengan korelasi product moment dan koefisien determinasi. Keterlaksanaan model DL berbantuan laboratorium virtual oleh guru dan siswa sebesar 72,95% dikategorikan baik dan persentase hasil belajar siswa sebesar 73,57% juga dikategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model DL berbantuan laboratorium virtual dengan hasil belajar siswa dikategorikan sedang dengan rxy 0,58. Dengan koefisien determinasinya = r2 = 34% dengan kategori rendah. Hal ini berarti terdapat korelasi keterlaksanaan model DL berbantuan laboratorium virtual sebesar 34% terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran pada larutan elektrolit dan non elektrolit yang diajarkan dengan model Discovery Learning berbantuan laboratorium virtual terlaksana dengan baik dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa MAN 5 Batanghari.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | NURHASANAH |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 02:47 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 02:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8115 |
Actions (login required)
View Item |