PENGEMBANGAN INSTRUMEN OGCI (OPTICAL GEOMETRY CONCEPT INVENTORY) UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI

Fitriah, Ana Arifatul (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN OGCI (OPTICAL GEOMETRY CONCEPT INVENTORY) UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (477kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (602kB)
[img] Text
COVER TERDEPAN.pdf

Download (26kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (480kB)

Abstract

Pemahaman konsep yang baik oleh siswa akan membantu mengoptimalkan proses belajar siswa selanjutnya. Konsep yang salah dipahami siswa atau miskonsepsi akan menghambat siswa dalam menerima pengetahuan-pengetahuan baru sehingga menghalangi keberhasilan siswa dalam proses belajar lebih lanjut. Agar hal tersebut tidak terjadi, perlu dilakukan remediasi terhadap miskonsepsi. Sebelum meremediasi miskonsepsi, perlu dilakukan identifikasi miskonsepsi dengan memberikan tes diagnostik. Belum adanya instrumen miskonsepsi yang digunakan dalam pembelajaran fisika menyulitkan guru untuk mengetahui ada atau tidaknya miskonsepsi yang dialami siswa. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen OGCI (Optical Geometry Concept Inventory) untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi optika geometri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Subjek uji coba dalam penelitian ini melibatkan beberapa sekolah, diantaranya SMAN 1 Kota Jambi sebanyak 146 siswa sebagai subjek uji coba tahap I, sedangkan subjek uji coba tahap II adalah SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi, MAN Insan Cendekia Jambi, SMAN 2 Kota Jambi, SMAN 1 Kuala Tungkal, dan SMAN 2 Kuala Tungkal dengan jumlah sampel 488 siswa. Data diperoleh melalui lembar validasi ahli dan instrumen tes. Data kualitatif diperoleh dari lembar validasi ahli, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari instrumen tes melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Hasil produk yang dikembangkan terdiri atas 9 item tes yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. 2 item memiliki validitas rendah; 6 item berkategori sedang, dan 1 item berkategori tinggi. Nilai reliabilitas tes sebesar 0,187 dengan kategori sangat rendah. Semua item tes dikategorikan sukar. 4 item memiliki daya beda tinggi, 1 item berkategori sedang, dan 4 item lainnya berkategori rendah. Instrumen yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi optika geometri, khususnya konsep pemantulan cahaya. Bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat menambah item tes, mengembangkan konsep lain, dan melanjutkan pengembangan tes hingga tahap penyebaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANA ARIFATUL FITRIAH
Date Deposited: 03 Jul 2019 01:24
Last Modified: 03 Jul 2019 01:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8144

Actions (login required)

View Item View Item