Analisis Kecerdasan Logis Matematis Siswa Tipe Kepribadian Phlegmatis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kelas VIII SMP

Deslita, Deslita (2019) Analisis Kecerdasan Logis Matematis Siswa Tipe Kepribadian Phlegmatis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kelas VIII SMP. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (683kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)

Abstract

Pada dasarnya, setiap proses pemecahan masalah selalu berkaitan dengan kecerdasan yang dimiliki setiap siswa. Sebab kecerdasan dapat menetukan seberapa berhasilkah seseorang dalam proses penyelesain masalah. Kecerdasan logis matematis ialah kemampuan yang berkenaan dengan rangkaian alasan, mengenal pola-pola, kategori-kategori, dan hubungan dengan memanipulasi objek atau simbol untuk melakukan percobaan dengan cara yang terkontrol dan teratur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa tipe kepribadian phlegmatis dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi statistika. Penelitian ini dilakukan dikelas VIII.1 SMPN 21 Batanghari tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini yaitu campuran (kulitatif dan kuantitatif) dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini 4 orang siswa kelas VIII.1. penelitian ini menggunakan tes kepribadian, tes kecerdasan logis matematis dan pedoman wawancara. Hasil menunjukkan bahwa subjek kepribadian phlegmatis pertama (SKP1) dan subjek kepribadian phlegmatis kedua (SKP2) dalam menyelesaikan soal nomor 1 dan 2 hanya dapat mengaitkan soal yang dikerjakan dengan 2 indikator dari 4 indikator dalam menyelesaikan soal yaitu indikator mengenali pola-pola abstraksi dan pertimbangan induktif dan deduktif serta cerdas dalam menangkap hubungan dan kaitan. Sedangkan subjek kepribadian phlegmatis ketiga (SKP3) dalam menyelesaikan soal nomor 1 dan 2 sudah memenuhi semua indikator dari kecerdasan logis matematis yaitu mengenali pola-pola abstraksi, pertimbangan induktif dan deduktif serta cerdas dalam menagkap hubungan dan kaitan, rencana penyelesaian dan pertimbangan ilmiah. Dan subjek kepribadian phlegmatis keempat (SKP4) dalam menyelesaikan soal nomor 1 dan 2 sudah memenuhi indikator mengenali pola-pola abstraksi, pertimbangan induktif dan deduktif serta cerdas dalam menangkap hubungan dan kaitan, rencana penyelesaian masalah dan pertimbangan ilmiah, namun pada soal nomor 2 subjek kepribadian phlegmatis keempat (SKP4) tidak dapat memenuhi indikator dari rencana penyelesaian masalah. Sehingga hasil penelitian dari lembar jawaban siswa (tes) dan hasil wawancara dengan menggunakan indikator kecerdasan logis matematis secara umum 50% dari sampel penelitian lebih dominan pada indikator mengenali pola-pola abstraksi dan pertimbangan induktif dan deduktif serta cerdas dalam menagkap hubungan dan kaitan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DESLITA
Date Deposited: 04 Jul 2019 07:15
Last Modified: 04 Jul 2019 07:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8156

Actions (login required)

View Item View Item