PENGARUH PENGGUNAAN BUNGKIL INTI SAWIT TERHADAP EFISIENSI PENGGUNAAN PROTEIN PADA PUYUH (Coturnix coturnix japonica ) BETINA FASE GROWER

HANIFA, LAILY (2017) PENGARUH PENGGUNAAN BUNGKIL INTI SAWIT TERHADAP EFISIENSI PENGGUNAAN PROTEIN PADA PUYUH (Coturnix coturnix japonica ) BETINA FASE GROWER. Other thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img]
Preview
Text
JURNAL LAILY HANIFA (E100130150.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Bungkil Inti Sawit (BIS) merupakan hasil samping pengolahan inti sawit (kernel) menjadi minyak inti sawit yang jumlahnya cukup banyak dan berpotensi sebagai pakan unggas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bungkil inti sawit sampai taraf 37,5% terhadap efisiensi penggunaan pakan dan efisiensi penggunaan protein padaternak puyuh. Penelitian ini menggunakan puyuh umur 21 hari yang dipelihara hingga umur 42 hari sebanyak 140 ekor. Ransum disusun menggunakan beberapa bahan seperti jagung, tepung ikan, dedak, bungkil kedele, dikalsium phospat,CaCO3, lysine, methionin, dan BIS. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang dicobakan adalah T0 (ransum mengandung 0% BIS), T1 (ransum mengandung 12,5% BIS), T2 (ransum mengandung 25% BIS) dan T3 (ransum mengandung 37,5% BIS). Peubah yang diamati adalah konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konsumsi protein, efisiensi pakan dan imbangan efisiensi protein. Data yang diperoleh dilakukan Analisis Ragam (ANOVA) dan jika terdapat berpengaruh nyata maka dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap konsumsi ransum, konsumsi protein, dan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap efisiensi pakan dan imbangan efisiensi protein puyuh namun tidak berpengaruh nyata terhadap pertambahan bobot badan. Disimpulkan bahwa bungkil inti sawit dapat digunakan pada taraf 25% di dalam ransum puyuh karena menghasilkan Efisiensi Penggunaan Protein yang masih relatif sama dengan kontrol.

Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: LAILY HANIFA
Date Deposited: 22 Jun 2017 03:05
Last Modified: 22 Jun 2017 03:05
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/816

Actions (login required)

View Item View Item