ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DALAM PEMECAHAN SOAL-SOAL GEOMETRI

Azahara, Dara (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DALAM PEMECAHAN SOAL-SOAL GEOMETRI. Other thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (433kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 131/IV Telanaipura Kota Jambi pada kelas IV A. Memperlihatkan pentingnya kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pemecahan soal-soal matematika, maka diperlukan analisis kemampuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam pemecahan soal-soal geometri serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep siswa di SDN 131/IV Telanaipura Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi pembelajaran geometri, kemudian wawancara mendalam terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, serta dokumentasi hasil lembar kerja siswa dalam pemecahan soal-soal geometri. pembelajaran geometri sebagai pendukung kemampuan pemahaman konsep siswa. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis terhadap hasil pengumpulan data tersebut secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki tingkat kemampuan pemahaman konsep yang berbeda. Siswa yang berda pada kategori kemampuan pemahaman konsep tinggi sebanyak 11,5%, yang berada pada tingkat pemahaman konsep sedang sebanyak 61,5%, dan yang berada pada tingkat kemampuan pemahaman konsep rendah sebanyak 26,9%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah siswa yang termasuk kategori kemampuan pemahaman konsep matematika tinggi dapat menguasai lima indikator kemampuan pemahaman konsep, siswa yang termasuk katergori sedang dapat menguasai lima indikator kemampuan pemahaman konsep, namun dengan sedikit kekurangan dan kesalahan dalam mengaplikasikannya, sedangkan kategori kemampuan pemahaman konsep matematika rendah hanya dapat menguasai tiga indikator kemampuan pemahaman konsep.

Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DARA AZAHARA
Date Deposited: 08 Jul 2019 01:43
Last Modified: 08 Jul 2019 01:43
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/8176

Actions (login required)

View Item View Item