PENGARUH PEMBERIAN TOMAT (Solanum lycopersicum) DALAM AIR MINUM TERHADAP KUALITAS TELUR PUYUH (Coturnix-coturnix japonica)

PURNOMO, TANTO (2017) PENGARUH PEMBERIAN TOMAT (Solanum lycopersicum) DALAM AIR MINUM TERHADAP KUALITAS TELUR PUYUH (Coturnix-coturnix japonica). Other thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img]
Preview
Text
JURNAL TANTO PURNOMO ( E10013101).pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tomat dalam air minum terhadap kualitas telur puyuh. Penelitian ini dilaksanakan di kandang percobaan Produksi Ternak Unggas Universitas Jambi pada tanggal 29 Desember sampai 26 Januari 2017. Penelitian ini menggunakan puyuh umur 6 minggu sebanyak 160 ekor. Tomat yang diberikan dalam bentuk bubur dengan cara diblender sampai halus tanpa penambahan air. Peubah yang diamati adalah konsumsi air minum, konsumsi pakan, konversi pakan, bobot telur, tebal kerabang, warna kuning telur, indeks kuning, indeks putih telur dan haugh unit. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang dicobakan adalah P0 = kontrol/air minum tanpa tomat, P1 = 100g tomat dalam 1 liter air minum, P2 = 200g tomat dalam 1 liter air minum, P3 = 300g tomat dalam 1 liter air minum, P4 = 400g tomat dalam 1 liter air minum. Data yang diperoleh dilakukan analisis ragam (Anova), bila berpengaruh nyata maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap konsumsi pakan, bobot telur, tebal kerabang, indeks kuning dan indeks putih telur, haugh unit, namun berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap konsumsi minum dan warna kuning telur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penambahan tomat hingga taraf 400g dalam 1 liter air minum dapat digunakan karena tidak mengganggu konsumsi pakan, bobot telur, tebal kerabang, indeks kuning telur, indeks putih telur dan haugh unit, justru meningkatkan warna kuning telur puyuh.

Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: TANTO PURNOMO
Date Deposited: 22 Jun 2017 03:05
Last Modified: 22 Jun 2017 03:05
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/824

Actions (login required)

View Item View Item