MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF KELOMPOK B DI TK AL-HIDAYAH DESA TELUK

AMINAH, SITI MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF KELOMPOK B DI TK AL-HIDAYAH DESA TELUK. JURNAL MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF KELOMPOK B DI TK AL-HIDAYAH DESA TELUK.

[img] Text
COVER.pdf

Download (108kB)
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN (2).jpg

Download (477kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Aminah. 2019. “Meningkatkan Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Konstruktif Kelompok B di TK Al-Hidayah”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Drs. Hendra Sofyan, M.Si, Pembimbing 2 Nyimas Muazzomi, S. Ag, M.Pd.I Kata Kunci: Kreativitas Anak Usia Dini, Permainan Konstruktif Berdasarkan observasi awal tanggal 15 januari 2018 di TK Al- Hidayah anak kelompok B dari 20 anak tersdapat 15 anak yang kreativitrasnya, A, B, C, D, E, F, R, S, T, U, CC, DD, EE, MM, KK, belum terlihat optimal, hal tersebut tampak seperti saat menyelesaikan tugas dari guru, anak belum memiliki kemauan dalam hal bereksplorasi dan berekspresi, anak ragu, takut, tidak percaya diri, lebih sering meniru, cara guru atau teman lain. Pengembangan kreativitas dalam penelitian ini adalah suatu daya atau kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki anak untuk menunjukkan keberanian, dalam membuat gambar atau coretan, berani mengeluarkan ide atau gagasan dari hasil gambar yang telah dibuatnya. Permainan konstruktif merupakan suatu bentuk permainan umum pada tahun-tahun sekolah dasar, baik di dalam maupun di luar kelas. Permainan konstruktif adalah salah satu dari sedikit kegiatan yang mirip permainan yang diizinkan di dalam kelas dan berpusat pada pekerjaan. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas ini didesain untuk 3 (tiga) siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemua, dimana masing-masing siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi dan dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti dengan guru TK Al-Hidayah. Subjek yaitu siswa-siswi kelompok B TK Al-Hidayah, Kelompok B tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 12 orang anak adalah merupakan subjek penelitian dalam pembelajaran yang berlangsung secara berkelanjutan dan dalam persetujuan Kepala Sekolah. Berdasarkan dari hasil siklus I pertemuan I yang memiliki nilai tuntas sebanyak 18 anak (40%), anak yang tidak tuntas sebanyak 27 anak (60%). Pada pertemuan II anak yang tuntas sebanyak 23 anak (51%) dan anak yang tidak tuntas sebanyak 22 anak (49%), pada siklus II pertemuan I sebanyak 25 anak (55,55%), anak yang tidak tuntas sebanyak 20 anak (44,45%). Pada pertemuan II anak yang tuntas sebanyak 27 anak (60%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 18 anak (40%). pada siklus III pertemuan I sebanyak 29 anak (64,44%), anak yang tidak tuntas sebanyak 16 anak (35,6%). Pada pertemuan II anak yang tuntas sebanyak 39 anak (86,67%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 6 anak (13,3%). Berdasarkan hasil penelitia dapat disimpulkan bahwa perkembangan kreativitas anak usia dini melalui permainan konstruktif Kelompok B di TK Al-Hidayah terdapat peningkatan kreatifitas anak pada setiap siklusnya yaitu 40 % pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 51,11%. 55,55% pada siklus II pertemuan I menjadi 60% pada pertemuan II. 64,44% pada siklus III pertemuan I menjadi 86,67% pada pertemuan II.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SITI AMINAH
Date Deposited: 11 Jul 2019 01:17
Last Modified: 11 Jul 2019 01:17
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/8303

Actions (login required)

View Item View Item