HUBUNGAN ANTARA PERTAMBAHAN UKURAN-UKURAN TUBUH DENGAN PERTAMBAHAN BOBOT BADAN SAPI PERANAKAN ONGOLE BETINA DAN JANTAN DI PTPN VI PROVINSI JAMBI

NISA, KHOIRUN (2017) HUBUNGAN ANTARA PERTAMBAHAN UKURAN-UKURAN TUBUH DENGAN PERTAMBAHAN BOBOT BADAN SAPI PERANAKAN ONGOLE BETINA DAN JANTAN DI PTPN VI PROVINSI JAMBI. Other thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img]
Preview
Text
JURNAL KHOIRUN NISA (E10012146).pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pertambahan ukuran-ukuran tubuh dengan pertambahan bobot badan sapi Peranakan Ongole. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober sampai 15 Desember 2016 di PT Perkebunan Nusantara VI (PTPN VI) Provinsi Jambi. Ternak yang digunakan adalah sapi Peranakan Ongole 15 jantan dan 15 betina umur 17-24 bulan. Pemeliharaan sapi Peranakan Ongole dilakukan secara intensif yaitu dikandangkan sepanjang hari. Peubah yang diamati yaitu pertambahan bobot badan (PBB), pertambahan lingkar dada (PLD), pertambahan panjang badan (PPB), dan pertambahan tinggi pundak (PTP). Data yang diperoleh diolah secara statistik untuk menentukan koefisien korelasi (r), koefisien Determinasi R2 dan menentukan persamaan regresi sederhana sebagai persamaan penduga pertambahan bobot badan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sapi Peranakan Ongole memiliki nilai koefisien korelasi yang berbeda-beda pada ternak betina dan jantan. Koefisien korelasi untuk ternak betina antara pertambahan lingkar dada dan pertambahan tinggi pundak terhadap pertambahan bobot badan memiliki hubungan yang sangat erat dengan nilai r 0,81 dan 0,64. Koefisien korelasi untuk ternak jantan antara pertambahan lingkar dada dengan pertambahan bobot badan memiliki hubungan yang sangat erat dibandingkan dengan ukuran tubuh lainnya, yaitu sebesar 0,69. Analisis ragam yang dijumpai membentuk persamaan regresi pada ternak betina yaitu PBB = - 1,531 + 2,812PLD + 1,656PTP dengan nilai R2 0,70. Pada ternak jantan yaitu PBB = 7,185 + 1,846PLD – 1,099PTP dengan nilai R2 0,53. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada ternak betina dan jantan pertambahan lingkar dada dan pertambahan tinggi pundak dengan pertambahan bobot badan memiliki hubungan yang sangat erat. Pada ternak betina dan jantan pertambahan lingkar dada dan pertambahan tinggi pundak yang dapat digunakan untuk menduga pertambahan bobot badan.

Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: KHOIRUN NISA
Date Deposited: 22 Jun 2017 07:44
Last Modified: 22 Jun 2017 07:44
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/840

Actions (login required)

View Item View Item