PENGARUH PEMBERIAN NITROGEN DAN FOSFOR TERHADAP PERTUMBUHAN LEGUM Calopogonium mucunoides, Centrosema pubescens DAN Arachis pintoi

GINTING, ADETIASKATANAKAN (2017) PENGARUH PEMBERIAN NITROGEN DAN FOSFOR TERHADAP PERTUMBUHAN LEGUM Calopogonium mucunoides, Centrosema pubescens DAN Arachis pintoi. Other thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK ADETIAS KATANAKAN GINTING -E10013243-.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL ADETIAS KATANAKAN GINTING (E10013243).pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KARYA ILMIAH ADETIAS KATANAKAN GINTING (E10013243).pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ADETIAS KATANAKAN GINTING (E10013243).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pemupukan seperti pupuk N dan P dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman, khususnya pada penanaman legum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk N dan P terhadap pertumbuhan tanaman legum. Penelitian ini dilakukan di Rumah Kaca Farm Fakultas Peternakan Universitas Jambi yang dilaksanakan selama 3 bulan, dari bulan Juli sampai dengan September 2016. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap Faktorial (3 x 3) dan 3 ulangan. Faktor pertama adalah jenis legum yang terdiri atas: L1= C.mucunoides,L2= C. pubescens dan L3= A. pintoi dan faktor kedua adalah jenis pupukyang terdiri atas: P1= pupuk N, P2= pupuk P dan P3= pupuk N+P. Peubah yang diamati meliputi jumlah daun, berat kering tajuk dan berat kering akar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis legum yang berbeda mempunyai kemampuan menghasilkan jumlah daun, berat kering tajuk dan berat kering akar yang berbeda(P<0,05). Pemberian pupuk dapat meningkatkan berat kering tajuk, tetapi tidak nyata (P>0,05) meningkatkan jumlah daun dan berat kering akar. Jenis legum yang berbeda yang diberikan jenis pupuk tertentu secara nyata (P<0,05) dapat meningkatkan jumlah daun, tetapi tidak nyata (P>0,05) meningkatkan berat kering tajuk dan berat kering akar. Disimpulkan bahwa pertumbuhan legum yang paling baik adalah pada legum C. mucunoides yang ditandai dengan berat kering tajuk dan berat kering akar yang tinggi. Pemupukan yang terbaik untuk pertumbuhan ketiga jenis legum tersebut adalah dengan pemberian pupuk N+P diindikasikan oleh berat kering tajuk dan akar yang tinggi. Jenis legum A. pintoiyang dipupuk dengan P mempunyai jumlah helai daun yang paling banyak dibandingkan dengan jenis legum yang lain.

Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: ADETIAS KATANAKAN G.
Date Deposited: 22 Jun 2017 07:44
Last Modified: 22 Jun 2017 07:44
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/849

Actions (login required)

View Item View Item