Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Saintifik dengan Joomla Kelas VII SMP Kota Jambi

Linda, Ika Putri Agus (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Saintifik dengan Joomla Kelas VII SMP Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (42kB)
[img] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (505kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (165kB)

Abstract

ABSTRAK Linda, I. P. A.2019.Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Saintifik Dengan Joomla Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Jefri Marzal, M.Sc (II) Gugun M. Simatupang, M.Si Kata Kunci : Desain Media Pembelajaran, Joomla, Pendekatan Saitifik, Aritmatika Sosial. Penggunaan media pembelajaran berbasiskan animasi dan gambar dapat memotivasi siswa dalam belajar, akan tetapi ketersediaan media tersebut masih kurang dalam banyak pokok bahasan matematika. Salah satu software media pembelajaran yang dapat dikembangkan adalah joomla. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk media pembelajaran matematika menggunakan menggunakan pendekatan saintifik pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP serta untuk mengetahui keefektifan dari media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Dimana penelitian menggunakan tahapan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian validasi materi, validasi desain media pembelajaran, angket tanggapan guru dan siswa, tes hasil belajar siswa, penilaian aktivitas belajar siswa, dan angket respon siswa. Setelah media pembelajaran dibuat maka media pembelajaran tersebut divalidasi oleh ahli materi, dan ahli desain media pembelajaran hingga media pembelajaran dinyatakan layak untuk diujicobakan. Ujicoba dilakukan dengan meminta tanggapan dari guru matematika dan siswa sebagai subjek penelitian. Selanjutnya dilakukan revisi jika kembali ditemukan kelemahan. Kemudian media pembelajaran tersebut diterapkan pada kegiatan pembelajaran yang sebenarnya pada siswa kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Dari hasil analisis, keefektifan media pembelajaran ini terlihat dari hasil observasi aktivitas pembelajaran siswa mencapai 89,93% menunjukkan kategori “sangat baik”, hasil analisis post-test yaitu 88,57% nilai siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum, dan hasil analisis dari angket persepsi siswa menunjukkan 87,86 % kategori “sangat positif”. Ini artinya media pembelajaran yang dibuat sudah menunjukkan keefektifan media pembelajaran yang efektif. Oleh karena hal tersebut media pembelajaran ini bisa digunakan oleh guru dan siswa SMP khususnya pada pembelajaran Aritmatika Sosial di Kelas VII.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: IKA PUTRI AGUS LINDA
Date Deposited: 18 Jul 2019 02:44
Last Modified: 18 Jul 2019 02:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8565

Actions (login required)

View Item View Item