PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN LINGKUNGAN TERINTEGRASI PERILAKU PRO-ENVIRONMENTAL BERBASIS 3D PAGEFLIP UNTUK SISWA KELAS X SMA

NURLENI, NURLENI PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN LINGKUNGAN TERINTEGRASI PERILAKU PRO-ENVIRONMENTAL BERBASIS 3D PAGEFLIP UNTUK SISWA KELAS X SMA. JURNAL PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN LINGKUNGAN TERINTEGRASI PERILAKU PRO-ENVIRONMENTAL BERBASIS 3D PAGEFLIP UNTUK SISWA KELAS X SMA.

[img] Text
1. COVER LUAR.pdf

Download (24kB)
[img] Text
4.HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (573kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI revisi buk upik.pdf

Download (159kB)
[img] Text
1.BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
5.BAB V.pdf

Download (264kB)

Abstract

ABSTRAK Nurleni. 2018. Pengembangan E-Modul Pembelajaran Lingkungan Terintegrasi Perilaku Pro-Environmental Berbasis 3D PageFlip untuk Siswa Kelas X SMA: Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr.Dra. Evita Anggereini, M.Si. Pembimbing (II) Dr. Upik Yelianti.M.S. Kata kunci : E-Modul, Perilaku Pro-Environmental, 3D PageFlip Penelitian ini betujuan mengembangkan e-modul pembelajaran linkungan yang terintegrasi perilaku pro-environmental berbasis 3D PageFlip untuk siswa kelas X SMA. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus 2017, data penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket validasi kepada ahli materi dan ahli media, setelah dilakukan validasi dapat dilihat kelayakan e-modul pembelajaran lingkungan yang dikembangkan. Data hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 86,6% dengan kategori “sangat baik” berdasarkan aspek kelayakan materi, isi, dan penyajian. Validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 70,6% dengan kategori “baik” berdasarkan aspek kelayakan bahasa dan aspek kegrafisan. Kemudian tanggapan guru diperoleh persentase 93,3% dengan kategori “sangat baik” berdasarkan pada aspek kelayakan isi dan media pembelajaran. Ujicoba kelompok kecil dilaksanakan di SMA.N 1 Batangahari dengan melibatkan 6 orang peserta didik. Tanggapan peserta didik terhadap e-modul pembelajaran lingkungan “sangat baik”dengan persentase sebesar 88%. Ujicoba kelompok besar melibatkan 20 orang peserta didik mendapatkan tanggapan “sangat baik” dengan persentase 89%.Berdasarkan hasil yang diperoleh baik dari tim ahli, respon guru dan peserta didik, maka dapat disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran lingkungan terintegrasi perilaku pro-environmental berbasis 3D PageFlipuntuk siswa kelas X SMA layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran secara individual ataupun klasikal. Kelebihan dari e-modul yang dikembangkan adalah e-modul dikemas lebih menarik. Disarankan untuk dapat mengembangkan e-modul terintegrasi perilaku pro-environmental pada mata pelajaran lainnya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: Nurleni
Date Deposited: 18 Jul 2019 08:52
Last Modified: 18 Jul 2019 08:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8593

Actions (login required)

View Item View Item