MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) KELAS IV SDN 121/I MUARA SINGOAN

ADHA, ALYO MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) KELAS IV SDN 121/I MUARA SINGOAN. JURNAL MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) KELAS IV SDN 121/I.

[img] Text
1. COVER.docx

Download (32kB)
[img] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (20kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.docx

Download (26kB)
[img] Text
Revvisi_BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Adha Alyo, 2019. “Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menngunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) Kelas IV SDN 121/I Muara Singoan”. Pembimbing I Drs. Faizal Chan M.Si, Pembimbing II Muhammad Sofwan, S.Pd M,Pd. Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, dan Model Student Team Achievment Division Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 121/I Muara Singoan dimana siswa kurang aktif dalam belajar ditandai dengan siswa malu mengungkapkan pendapatnya, mengajukan pertanyaan, dan malas mengerjakan tugas yang diberikan guru. Sehingga, keaktifan belajar siswa tidak tecapai secara maksimal saat proses pembelajaran. Salah satu alternatif guru untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa yaitu dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD) dalam meningkatkan keaktifan belajar pada siswa Kelas IV SDN 121/I Muara Singoan. Metode dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan prosedur diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 121/I Muara Singoan yang berjumlah 24 orang siswa terdiri dari 19 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I, pertemuan 1 adalah 52,08% dan pada siklus I pertemuan 2 adalah 67%. Hasil penelitian pada siklus II pertemuan 1 adalah 78,30% dan pada siklus II pertemuan 2 adalah 86%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas IV SDN 121/I Muara Singoan

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ALYO ADHA
Date Deposited: 19 Jul 2019 08:37
Last Modified: 19 Jul 2019 08:37
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/8627

Actions (login required)

View Item View Item