PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DAN KORELASINYA DENGANKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Larastian, Lutvia and Haryanto, Haryanto and Yusnaidar, Yusnaidar PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DAN KORELASINYA DENGANKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Analisis.

[img] Text
COVER.pdf

Download (209kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (Autosaved).pdf

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang terlatihnya keterampilan berpikir kritis siswa. Penerapan model pembelajaran group investigation merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran group investigation pada materi hidrolisis garam dan korelasinya dengan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran dengan jenis model sequential exploratory. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling yaitu kelas XI MIPA 3. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan baik dari guru maupun siswa dan soal tes esai keterampilan berpikir kritis siswa. Untuk melihat korelasi keterlaksanaan model dengan keterampilan berpikir kritis siswa dilakukan uji korelasi product moment. Keterlaksanaan model pembelajaran group investigation keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 71,40% dengan kategori baik. Hubungan penerapan model pembelajaran group investigation dengan keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh rxy = 0,517 dengan tingkat hubungan sedang, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation berjalan dengan baik dan berkorelasi terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi hidrolsis garam di kelas XI SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LUTVIA LARASTIAN
Date Deposited: 05 Aug 2019 03:49
Last Modified: 05 Aug 2019 03:49
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/8845

Actions (login required)

View Item View Item