Hubungan Kemampuan Literasi Sains Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri SE Kecamatan JALUKO Muaro Jambi:

Pangestu, Miko Danu (2019) Hubungan Kemampuan Literasi Sains Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri SE Kecamatan JALUKO Muaro Jambi:. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (686kB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi PISA 2015 menyatakan bahwa literasi di indonesia masih dalam kategori rendah. Literasi sains juga dianggap sebagai kunci hasil belajar pendidikan pada usia 15 tahun. Berdasarkan angket studi pendahuluan dan observasi diperoleh bahwa literasi sains disekolah masih kategori rendah dan hasil belajar IPA didapatkan tergolongan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang yang signifikan antara kemampuan literasi sains sanis terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di SMP Negeri se Kecamatan jaluko Muaro Jambi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif jenis korelasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7, SMP Negeri 1, dan SMP Negeri 17 Muaro Jambi dengan jumlah populasi 428. sampel penelitian sebesar 138 siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan insturmen angket studi pendahuluan guru dan siswa, tes kemampuan literasi sains dan tes hasil belajar IPA. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi rank spearman dengan bantuan aplikasi SPSS 21. Hasil tes kemampaun literasi sains yang didapatkan dengan rata-rata sebesar 33,7. Hasil tes hasil belajar IPA didapatkan dengan rata-rata sebesar 21,5. Uji korelasi rank spearman dengan nilai pearson correlation 0,292, ini menunjukkan bahwa sig 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan Ho ditolak atau terdapat hubungan yang positif antara kemampuan literasi sains dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri Se- Kecamatan Muaro Jambi tetapi hubungan korelasi lemah. Sehingga peningkatan kemampuan literasi sains dibarengi dengan hasil belajar IPA. Hasil penelitian ini disarankan siswa diharapkan dapat meningkatakan kemampuan literasi sains dan hasil belajar IPA. Disamping itu guru

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MIKO DANU PANGESTU
Date Deposited: 21 Aug 2019 01:53
Last Modified: 21 Aug 2019 01:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8991

Actions (login required)

View Item View Item