Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Aplikasi 3D Pageflip Professional Pada Materi Fluida Dinamik Kelas XI SMA N 11 Kota Jambi

Kusumah, Karisma and Nehru, Nehru and Kurniawan, Dwi Agus (2019) Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Aplikasi 3D Pageflip Professional Pada Materi Fluida Dinamik Kelas XI SMA N 11 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh guru belum menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran fisika, sekolah memiliki fasilitas lab. komputer, LCD proyektor, arus listrik setiap kelas dan tidak memiliki bahan ajar sebagai penunjangnya mengakibatkan siswa beranggapan fisika sulit dipahami. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul materi fluida dinamik kelas XI SMA dan mengetahui persepsi siswa terhadap e-modul tersebut. Penelitian dilakukan di SMAN 11 Kota Jambi kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model Borg and Gall, di mana hanya melakukan tahap 1) research and information collecting (penelitian dan pengumpulan data); 2) planning (perencanaan); 3) develop preliminary from of product (pengembangan draf produk); 4) preliminary field testing (uji coba lapangan awal); 5) main product revision (revisi hasil uji coba lapangan awal); hingga 6) main field testing (uji coba lapangan). Hasil penilaian evaluasi desain diperoleh rata-rata setiap indikator sebesar 8,09 termasuk rentang baik sekali dan persentase kelayakan sebesar 80,9% termasuk rentang sangat valid/layak. Sedangkan hasil penilaian evaluasi ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 8,84 yang termasuk rentang baik sekali dan persentase kelayakan sebesar 90% kategori sangat valid/layak. Pada uji coba lapangan awal mendapatkan penilaian rata-rata 3,3 kategori sangat setuju dan persentasi kelayakan sebesar 83% kategori sangat baik/ layak. Selanjutnya uji coba lapangan 100 siswa rata-rata indikator desain sampul sebesar 3,39 (sangat setuju), indikator desain isi e-modul 3,56 (sangat setuju), indikator desain software e-modul 3,48 (sangat setuju), komponen penyajian 3,47 (sangat setuju), indikator kemudahan pengoperasian 3,5 (sangat setuju), dan indikator komponen kebahasaan 3,48 (sangat setuju). Sedangkan untuk persentase rata-rata setiap indikator 87,1% menyatakan sangat positif/baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil uji coba terhadap e-modul fluida dinamik telah layak digunakan sebagai bahan ajar untuk digunakan oleh siswa dan guru dalam pembelajaran di kelas XI SMAN 11 Kota Jambi. Untuk penelitian selanjutnya, peneliti menyarankan untuk melihat bagaimana pengaruh pengguna-an e-modul fluida dinamik berbasis pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KARISMA BULANDA K
Date Deposited: 03 Sep 2019 02:10
Last Modified: 03 Sep 2019 02:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9086

Actions (login required)

View Item View Item