PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI LISTRIK STATIS MATA KULIAH FISIKA DASAR 1

MARDALENA, AFNITA and SUSANTI, NOVA and BERTHALITA P., FEBRI (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI LISTRIK STATIS MATA KULIAH FISIKA DASAR 1. PENGEMBANGAN.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (45kB)
[img] Text
3. Halaman Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (281kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)

Abstract

ABSTRAK Mardalena, Afnita. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Pada Materi Listrik Statis Mata Kuliah Fisika Dasar I: Skripsi, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Nova Susanti, S.Pd, M.Si, (II) Febri Berthalita P., S.Si,M.Si Kata kunci: pengembangan,modul pembelajaran, berbasis konstruktivisme. Listrik Statis. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran berbasis konstruktivisme pada materi Listrik Statis mata kuliah Fisika Dasar I dan mengetahui persepsi mahasiswa terhadap modul yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Tetapi pada penelitian ini hanya melakukan Analysis, Design, Development, sedangkan tahap Implementation dan Evaluation tidak dilakukan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi angkatan 2015. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli materi, ahli media serta angket persepsi mahasiswa. Pada tahap analisis dilakukan analisis kesenjangan kinerja, yaitu dilakukan observsi awal dan menyebarkan angket kepada mahasiswa Pendidikan Fisika dan Pendidikan Kimia yang telah mengontrak mata kuliah Fisika Dasar I dan di dapatkan 85% mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi Listrik Statis dikarenakan materi yang sulit dipahami, modul yang ada belum menggunakan bahasa yang mudah dipahami, sumber belajar yang digunakan belum memaparkan contoh yang soal yang membantu memahami konsep yang bersangkutan, mahasiswa membutuhkan referensi tambahan yang sesuai dengan kebutuhan untuk melakukan kegiatan belajar secara mandiri. Dengan kesenjangan ini maka dikembangkan modul pada materi listrik statis mata kuliah Fisika Dasar I untuk menutupi kesenjangan yang ada. Modul yang dikembangkan terdiri atas 2 kegiatan pembelajaran yang disesuaikan dengan RPS. Uraian materi yang lengkap dan di dukung oleh gambar-gambar yang jelas. Kegiatan pembelajaran pada modul di sesuaikan dengan konstruktivisme. Modul divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi yaitu kedua validator menceklis “Ya” untuk semua pertanyaan dan menyatakan modul pembelajaran layak untuk digunakan dilapangan. Selanjutnya hasil analisis data persepsi diperoleh persentase sebesar 86% dengan kategori sangat baik. Keunggulan dari modul yang dikembangkan adalah kegiatan pembelajaran disusun secara sistematis dan jelas sesuai dengan konstruktivisme dan desain yang menarik. Adapun kekurangan modul ini yaitu aspek konstruktivisme belum semuanya terdapat pada langkah-langkah kegiatan pembelajaran serta modul yang dikembangkan belum dilakukan tahap implementasi sehingga hasil belajar dengan menggunakan modul belum dapat diketahui. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis konstruktivisme pada materi listrik statis mata kuliah Fisika Dasar I yang dikembangkan layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan pada pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Fisika Dasar I.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AFNITA MARDALENA
Date Deposited: 25 Sep 2019 05:01
Last Modified: 25 Sep 2019 05:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9299

Actions (login required)

View Item View Item