STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMK NEGERI 4 SUNGAI PENUH

ERIXSTORI, DEGO (2019) STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMK NEGERI 4 SUNGAI PENUH. JURNAL STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMK NEGERI 4 SUNGAI PENUH.

[img] Text
COVER.pdf

Download (186kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK Dego Erixstori. 2019. “Studi komparasi pembelajaran small group discussion dengan student teams achievement devision terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran ekonomi di kelas X SMK Negeri 4 Sungai Penuh”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dra. Hj. May Maemunah, M. E, Pembimbing II Siti Syuhada, S.Pd, M.E Kata Kunci: Model small group discussion, student teams achievement devision, hasil belajar siswa Berdasarkan pengamatan peneliti di SMK Negeri Negeri 4 Sungai Penuh pada mata pelajaran ekonomi hasil belajar siswa masih belum optimal, terlihat pada setiap pembelajaran banyak siswa yang masih memperoleh nilai di bawah KKM Permasalahan tersebut erat kaitannya pada saat siswa mengikuti proses belajar mengajar, siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran dan tugas-tugas selalu dikerjakan di sekolah dan banyak yang belum selesai, dari diri siswa terlihat belum memiliki hasil belajar yang baik padahal guru dalam proses mengajar sudah berperan aktif dalam mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pembelajaran small group discussion dan student teams achievement devision terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran ekonomi di kelas X SMK Negeri Negeri 4 Sungai Penuh. Jenis penelitian yang digunakan ini kuantitatif, Dalam penelitian ini akan di gunakan Nonequivalen control group design. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2018/2019 semester genap. Lokasi atau tempat penelitian dilaksanakan di SMK Negeri Negeri 4 Sungai Penuh kelas X. Berdasarkan hasil penelitian untuk hipotesis 1, dilihat bahwa thitung > ttabel yaitu 3.2919 > 1,6646 . t tabel didapat dari n1+n2 -2 = 78 yang dalam distribusi t tabel didapat nilai 1,6646 Data tersebut menunjukan terdapat pengaruh pembelajaran small group discussion terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran ekonomi di kelas X SMK Negeri Negeri 4 Sungai Penuh., karena thitung > ttabel, untuk hipotesis 2, dilihat bahwa thitung > ttabel yaitu 2.9261 > 1,6646 . t tabel didapat dari n1+n2 -2 = 78 yang dalam distribusi t tabel didapat nilai 1,6646 Data tersebut menunjukan terdapat pengaruh pembelajaran student teams achievement devision terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran ekonomi di kelas X SMK Negeri Negeri 4 Sungai Penuh, karena thitung > ttabel, untuk hipotesis 3, dilihat bahwa thitung > ttabel yaitu 5.6294 > 1,6646 . t tabel didapat dari n1+n2 -2 = 78 yang dalam distribusi t tabel didapat nilai 1,6646 Data tersebut menunjukan ada perbedaan pembelajaran small group discussion dengan student teams achievement devision terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran ekonomi di kelas X SMK Negeri Negeri 4 Sungai Penuh, karena thitung > ttabel. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan pembelajaran small group discussion dengan student teams achievement devision terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran ekonomi di kelas X SMK Negeri Negeri 4 Sungai Penuh.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DEGO ERIXSTRORI
Date Deposited: 14 Oct 2019 00:27
Last Modified: 14 Oct 2019 00:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9504

Actions (login required)

View Item View Item