Fefrianti, Veroneka (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL BUMI MANUSIA KARANGAN PRAMODEYA ANANTA TOER PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA. JURNAL NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL BUMI MANUSIA KARANGAN PRAMODEYA ANANTA TOER PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA.
Text
COVER.pdf Download (18kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (18kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (20kB) |
Abstract
ABSTRAK Veroneka, Fefrianti. 2019. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Bumi Manusia Karangan Pramoedya Ananta Toer Pada Pembelajaran Sejarah Di SMA. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing; (1) Dr. Drs. Suratno, M.Pd (2) Anny Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Karakter, Novel Bumi Manusia, pembelajaran Sejarah Lunturnya nilai-nilai karakter pada para remaja dan anak saat ini karena terjadinya krisis moral (tawuran, bullying, rasa hormat terhadap guru yang tidak ada lagi, peserta didik yang bangga kebudayaan luar (music barat, kpop, stel kebarat-baratan) dan memudarnya rasa patriotisme. Berangkat dari fenomena tersebut, dengan pembelajaran sejarah diharapkan dapat menumbuhkan dan mengembangkan karakter. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menggali nilai-nilai dan menganalisis karakter dalam novel Bumi Manusia karangan Pramoedya Ananta Toer memaparkan dan mengaplikasikan nilai karakter pada novel Bumi Manusia dalam pembelajaran sejarah di SMA. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan karakter pada novel Bumi Manusia, Religius, jujur, kreatif, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, Komunikatif, cinta damai, gemar membaca dan peduli sosial yang terdapat pada novel Bumi Manusia Karangan Pramoedya Ananta Toer dapat di terapkan dalam pembelajaran sejarah pada kurikulum 2013 dapat tanamkan pendidikan karakter melalui kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, dengan menggunakan teori belajar kontruktivisme dengan pendekatan berpusat pada siswa sehingga peserta didik dapat mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | VERONEKA FEFRIANTI |
Date Deposited: | 15 Oct 2019 04:50 |
Last Modified: | 15 Oct 2019 04:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9551 |
Actions (login required)
View Item |