HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI

MERITA SARI, VERA (2019) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI. JURNAL HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI.

[img] Text
Cover.pdf

Download (97kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (153kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (69kB)

Abstract

ABSTRAK Judul Skripsi : Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 17 Kota Jambi Nama : VERA MERITA SARI NIM : ERA1D011059 Dosen Pembimbing : 1. Dr. H. Akmal Sutja, M.Pd 2. Prof. Dr. Hj. Emosda, M.Pd, Kons Konsep diri adalah pandangan seseorang tentang evaluasi dirinya sendiri. Konsep diri merupakan potret diri secara mental, yang dapat berubah, yakni bagaimana seorang melihat, menilai dan menyikapi dirinya sendiri. Konsep diri tumbuh dari interaksi sosial dalam lingkungan yang berpengaruh terhadap kehidupan individu. Konsep diti memiliki dimensi yaitu pengetahuan. Disiplin belajar siwa merupakan tugas tenaga pengajar (guru). Untuk menanamkan disiplin belajar siswa harus di mulai dari dalam diri sendiri, barulah siswa dapat mendisiplinkan orang lain sehimgga akan tercipta ketenangan, ketentraman, dan keharmonuisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan apakah terdapat adanya hubungan antara konsep diri dengan disiplin belajar siswa kelas VIII A. Jumlah sampel yang diambil didalam penelitian ini sebesar 30 orang dari populasi, penarikan sampel dilakukan dengan total simple sedangkan teknik pengambilan data dengan angket diolah dengan menggunakan koefesiensi determinasi dan korelasi product moment. Hasil pengolahan data tentang hubungan antara konsep diri dengan disiplin belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 17 Kota Jambi adalah 0,775, berarti hubungan antara konsep diri dengan disiplin belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 17 Kota Jambi 77,5% dapat dijelaskan bahwa konsep diri dari variabel hubungan oleh disiplin belajar siswa, sedangkan hanya 22,5% yang tidak diketahui hubungannya. Sedangkan hasil pengolahan data dengan kriteria penafsiran korelasi untuk rxy = 0,48 ini korelasi sedang hubungan memadai, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara konsep diri dan disiplin belajar siswa. Maksudnya konsep diri memiliki hubungan pada disiplin belajar siswa dalam pengertian yang lain semakin baik konsep diri maka akan semakin baik pula disiplin belajar siswa. Bila hasil penelitian ini diimplikasikan pada kegiatan bimbingan dan konseling maka dalam proses konseling berupaya membantu siswa untuk dapat memperoleh konsep diri dengan disiplin belajar siswa yang optimal dan menumbuhkan pandangannya serta anggapannya mengenai belajar secara positif yang pada gilirannya akan menimbulkan konsep diri pada diri siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: VERA MERITA SARI
Date Deposited: 21 Oct 2019 02:34
Last Modified: 21 Oct 2019 02:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9617

Actions (login required)

View Item View Item