ANALISIS EFISIENSI EKONOMI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI PADI SAWAH LAHAN PASANG SURUT DI KECAMATAN MUARA SABAK TIMUR KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR

Kamaria, . (2017) ANALISIS EFISIENSI EKONOMI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI PADI SAWAH LAHAN PASANG SURUT DI KECAMATAN MUARA SABAK TIMUR KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR. Other thesis, Universitas Jambi.

[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.PDF

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KESIMPULAN.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Kamaria. Lahan pasang surut mempunyai potensi cukup besar untuk dikembangkan menjadi lahan pertanian berbasis tanaman pangan dalam menunjang ketahanan pangan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor-faktor produksi padi sawah terhadap produksinya dan mengetahui efisiensi ekonomi penggunaan faktor produksi padi lahan pasang surut di Kecamatan Muara Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Sampel berjumlah 92 petani, penarikan sampel dilakukan dengan metode acak sederhana. Penelitian dilakukan pada tanggal 05 Januari-05 Februari 2017. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan pendekatan fungsi produksi Cobb-Douglas dan efisiensi ekonomi. Di dalam penelitian ini menggunakan variabel dummy sarana parit dan tipe benih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama faktor-faktor produksi padi sawah berpengaruh terhadap produksi padi sawah. Secara parsial faktor produksi luas lahan, pupuk NPK, dan tenaga kerja, berpengaruh signifikan terhadap produksi padi sawah lahan pasang surut. Tingkat efisiensi ekonomi penggunaan faktor-faktor produksi yang memiliki indeks efisiensi ekonomi > 1 adalah luas lahan dan pupuk NPK, artinya faktor produksi tersebut perlu ditambah penggunaannya untuk menambah hasil produksi padi sawah lahan pasang surut, sedangkan indeks efisiensi ekonomi < 1 adalah tenaga kerja, artinya faktor produksi tersebut perlu dikurangi penggunaannya untuk mendapatkan produksi yang optimal. Kata kunci : Efisiensi, Faktor Produksi, Fungsi Produksi, Lahan Pasang Surut, Variabel Dummy.

Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: KAMARIA
Date Deposited: 03 Jul 2017 01:26
Last Modified: 03 Jul 2017 01:26
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/971

Actions (login required)

View Item View Item