PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBENTUK FLIP CHART PADA MATERI JAMUR UNTUK SISWA SMA KELAS X

Rosita, Riza (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBENTUK FLIP CHART PADA MATERI JAMUR UNTUK SISWA SMA KELAS X. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBENTUK FLIP CHART PADA MATERI JAMUR UNTUK SISWA SMA KELAS X.

[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah Riza Rosita.pdf

Download (531kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rosita, Riza. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbentuk Flip Chart pada Materi Jamur untuk Siswa SMA Kelas X: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas jambi, Pembimbing: (1) Dr. Upik Yelianti, M.S., (2) Dra. Hj. Harlis, M.Si. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Flip Chart, Jamur. Rendahnya persentase ketuntasan nilai ulangan siswa pada materi jamur menunjukkan bahwa, materi jamur termasuk ke dalam materi yang sulit untuk dipahami siswa. Selain itu, kurangnya sumber belajar dan sarana pendukung dalam menyampaikan materi pembelajaran juga menjadi salah satu faktor rendahnya nilai yang diperoleh siswa. Salah satu cara yang efektif yang dapat dilakukan oleh guru dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakankan media pembelajaran, salah satunya yaitu media Flip Chart. Media ini didesain menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop dengan hasil akhir berbentuk media cetak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran biologi berbentuk Flip Chart,dan mengetahui kelayakan serta mengetahui persepsi guru dan siswa terhadap media Flip Chart. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi). Produk akhir yang dihasilkan adalah media pembelajaran berbentuk Flip Chart jamur. Ujicoba kelompok kecil dilakukan di SMA Negeri 7 Kota Jambi dengan subjek ujicoba sebanyak 9 orang siswa kelas X. Instrumen yang digunakan adalah angket terbuka dan angket tertutup. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor akhir 62 atau 77,5% dengan kategori “Sangat Baik”, dan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor akhir 57 atau 89,1% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil ujicoba kelompok kecil diperoleh skor 547 atau 95% dengan kategori “Sangat Baik”. Sedangkan hasil persepsi guru diperoleh skor 117 atau 94,1% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran biologi benbentuk Flip Chart pada materi jamur layak digunakan pada kegiatan pembelajaran di kelas ataupun sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa. Kekurangan pada media ini dapat diperbaiki pada penelitian pengembangan selanjutnya yang relevan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RIZA ROSITA
Date Deposited: 14 Jul 2017 03:07
Last Modified: 14 Jul 2017 03:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1297

Actions (login required)

View Item View Item