PENGARUH BERMAIN PLAYDOUGH TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI RA RAUDHATUL ISLAMIYAH KECAMATAN BRAM ITAM KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

OKTAVIANTI, WELLA PENGARUH BERMAIN PLAYDOUGH TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI RA RAUDHATUL ISLAMIYAH KECAMATAN BRAM ITAM KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. Universitas Jambi. ISSN 1234 (Unpublished)

[img]
Preview
Text
A1F113056-ARTIKEL.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Oktavianti, Wella. 2017. “Pengaruh Bermain Playdough Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini di RA Raudhatul Islamiyah Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Emosda, M.Pd., Kons dan Pembimbing II Nyimas Mu’azzomi, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci : Bermain Playdough, Perkembangan Kreativitas Hasil pra penelitian menunjukkan bahwa dari 20 anak jumlah keseluruhan dikelas B1 terlihat 16 anak masih rendah kreativitasnya yang ditandai dengan selama pembelajaran berlangsung anak hanya mengikuti apa yang guru contohkan, anak belum menunjukkan tanda-tanda untuk menciptakan sesuatu hal yang berbeda dengan yang lain seperti saat guru meminta anak untuk menggambar yang anak gambar adalah apa yang guru gambar di papan tulis bukan ide yang memang muncul dari anak tersebut. Anak juga dalam setiap pembelajaran hanya menerima kegiatan apa yang diberikan oleh guru, anak tidak mengeluarkan pendapatnya untuk mengadakan kegiatan yang sesuai dengan imajinasi anak atau yang diminati anak. Pada kegiatan pembelajaran berlangsung anak kurang aktif dalam bertanya, mereka hanya melihat dan jika ditanya hanya beberapa anak yang merespon dan yang lainnya hanya diam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Bermain Playdough terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini di RA Raudhatul Islamiyah Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk mencari pengaruh perlakuan terhadap yang lain. Adapun jenis metode eksperimen yang digunakan adalah menggunakan rancangan “One-Group Pretest-Posttest Design yaitu satu kelompok yang dipilih secara teknik Sampling Purposive, sampel penelitian adalah anak kelas B1 RA Raudhatul Islamiyah Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebanyak 20 orang, karena didalam design ini peneliti melakukan pretest untuk mengetahui keadaan awal, kemudian diberi perlakuan pada kelas B1 setelah diberikan perlakuan peneliti memberikan posttest atau tes kembali untuk melihat pengaruh bermain playdough terhadap perkembangan kreativitas anak usia dini di RA Raudhatul Islamiyah Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kemudian dianalisis data menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil uji Wilcoxon match pairs test membuktikan bahwa nilai kritis Ztabel dengan tingkat signifikan 5% adalah 1,96 , sedangkan nilai Zhitung yang diperoleh 3,701 ternyata Zhitung > Ztabel hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan bermain playdough terhadap perkembangan kreativitas anak usia dini di kelas B1. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa bermain playdough berpengaruh siginifikan terhadap perkembangan kreativitas anak usia dini di RA Raudhatul Islamiyah Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: WELLA OKTAVIANTI
Date Deposited: 21 Jul 2017 03:39
Last Modified: 21 Jul 2017 03:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1498

Actions (login required)

View Item View Item