KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK BERDASARKAN PENGALAMAN SISWA KELAS IX A SMPN 17 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2016/2017

MAWADDAH, RISMA KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK BERDASARKAN PENGALAMAN SISWA KELAS IX A SMPN 17 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2016/2017. KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK BERDASARKAN PENGALAMAN SISWA KELAS IX A SMPN 17 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2016/2017. (In Press)

[img]
Preview
Text
A1B113001-ARTIKEL.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mawaddah, Risma. 2017. Kemampuan Menulis Cerita Pendek Berdasarkan Pengalaman Siswa Kelas IX A SMP Negeri 17 Kota Jambi Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. H. Yundi Fitrah, Drs., M. Hum., Ph.D. (II) Dr. Kamarudin, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Cerpen Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek berdasarkan pengalaman siswa kelas IX A SMP Negeri 17 Kota Jambi Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif. Adapun data yang diambil dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis cerita pendek berdasarkan pengalaman siswa kelas IX A SMP Negeri 17 Kota Jambi. Sumber data pada penelitian ini adalah berupa hasil karangan cerpen siswa kelas IX A SMP Negeri 17 Kota Jambi tahun ajaran 2016/2017. Dari hasil pengolahan data diketahui penulisan cerpen berdasarkan pengalaman siswa kelas IX A SMP Negeri 17 Kota Jambi berkriteria cukup mampu (CM). Hal ini terbukti dengan diperolehnya rata-rata nilai dari penilai 1 dan penilai 2 sebesar 63,2 nilai tersebut dilihat dari tabel penghitungan persentase berada pada interval 56-74 yang berkriteria cukup mampu (CM). Secara rinci nilai tersebut diperoleh dari unsur-unsur pembentuk cerpen yaitu, pemilihan tema dengan rata-rata nilai 62,7 berkriteria cukup mampu (CM), amanat memperoleh nilai rata-rata 49,3 berkriteria kurang mampu (KM), penggambaran alur/plot memperoleh nilai rata-rata 80 berkriteria mampu (M), penggambaran tokoh memperoleh nilai rata-rata 60,7 berkriteria cukup mampu (CM), penggambaran latar memperoleh nilai rata-rata 86,3 berkriteria sangat mampu (SM), penggunaan gaya bahasa memperoleh nilai rata-rata 46 berkriteria kurang mampu (KM), dan penggambaran untuk sudut pandang memperoleh nilai rata-rata 57,3 dengan kriteria cukup mampu (CM). Dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis cerita pendek berdasarkan pengalaman siswa kelas IX A SMP Negeri 17 Kota Jambi dapat dikategorikan cukup mampu (CM). Hal ini terbukti dari nilai rata-rata secara umum adalah 63,2. Saran dalam penelitian ini agar menjadi tolak ukur guna meningkatkan mutu pembelajaran menjadi lebih menarik dan dapat memotivasi siswa agar lebih banyak berlatih membuat cerpen dengan menggunakan unsur pembentuk cerpen khususnya bagaimana menerapkan kemampuan menulis gaya bahasa sehingga terciptalah dialog yang indah pada sebuah cerpen.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: RISMA MAWADDAH
Date Deposited: 16 Aug 2017 03:12
Last Modified: 16 Aug 2017 03:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1821

Actions (login required)

View Item View Item