PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI

AYU OCTARINA, SISKA PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (98kB)
[img] Text
PENGESAHAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (473kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Anggun Destinanda. 2018. Kearifan Lokal (Local Wisdom) di Sekitar Kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh Kabupaten Tanjung Jabung Barat Sebagai Sumber Belajar Sains. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Jufrida, M.Si., (II) Fibrika Rahmat Basuki, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kearifan Lokal, Sumber Belajar Sains. Penelitian ini berfokus pada tiga masalah yaitu Pertama, kearifan lokal Taman Nasional Bukit Tiga Puluh belum disadari oleh masyarakat karena masyarakat Tanjung Jabung Barat masih awam terhadap kata-kata kearifan lokal. Kedua, kearifan lokal memiliki potensi untuk menjadi sumber belajar sains, dimana masyarakat hanya melakukan tanpa menyadari aplikasi dari ilmu sains didalamnya. Ketiga, belum adanya penelitian kearifan lokal dan sains pada pembelajaran kearifan lokal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian eksplorasi. Tujuan penelitian untuk mengeksplorasi kearifan lokal (local wisdom) di sekitar kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan melakukan pemetaan kompetensi dasar. Teknik penelitian menggunakan Purposive Sampling. Subjek penelitian yaitu kepala dinas pendidikan dan kebudayaan, kepala taman nasional bukit tiga puluh, tokoh masyarakat, dan ahli sains. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Prosedur penelitian diperoleh dengan cara observasi, Wawancara ahli sains dan masyarakat adat dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan model Miles and Huberman terdiri dari data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini teridentifikasi objek pada kearifan lokal Taman Nasional Bukit Tiga Puluh yaitu Taman Nasional Bukit Tiga Puluh dan air terjun, pada kearifan lokal Desa Sri Agung yaitu DAM Suban dan Sawah, dan pada kearifan lokal di Pesisir Laut Timur Sumatra yaitu rumah panggung dan perahu yang mempunyai nilai atau konsep sains sehingga dapat menjadi sumber belajar sains. Adapun konsep-konsep sains yang didapatkan adalah: ekosistem, energi mekanik, pengukuran, pesawat sederhana, fluida dinamis, kesetimbangan benda tegar, bidang miring, hukum newton III, gaya apung, gelombang, angin laut dan angin darat. Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) IPA SMP kelas 7 yaitu KD 3.1 konsep pengukuran, 3.5 konsep energi, 3.8 ekosistem, 3.11 konsep angin darat dan angin laut. Kelas 8 yaitu KD 3.2 konsep hukum newton, 3.3 konsep pesawat sederhana, 3.8 konsep fluida dinamis, dan 3.11 konsep gelombang. Dari hasil penelitian diharapkan data yang diperoleh dapat dikembangkan untuk penelitian selanjutnya menjadi bahan ajar sains berupa buku, LKS, e-book dan web berbasis kearifan lokal.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANGGUN DESTINANDA
Date Deposited: 08 Oct 2018 07:45
Last Modified: 08 Oct 2018 07:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5630

Actions (login required)

View Item View Item